Hujan diprakirakan turun di bagian wilayah NTB akhir pekan ini

  • 21 Mei 2022 11:41:10
  • Views: 5

Pengendara motor melewati Jalan Raya Mataram-Praya di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang basah akibat hujan. (ANTARA/Akhyar)

Elshinta.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang turun di beberapa bagian wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) akhir pekan ini.

Liburan akhir pekan ini wilayah NTB diprakirakan terjadi hujan sedang hingga lebat, kata prakirawan cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Lombok Gede Dedy Krisnawan sebagaimana dikutip dalam siaran pers stasiun meteorologi yang diterima di Praya, Lombok Tengah, Sabtu.

Hujan berpotensi terjadi mulai siang hingga sore hari, ia menambahkan.

Menurut prakiraan BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpeluang turun di wilayah Lombok Utara, Lombok Barat, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu pada Sabtu. 

Pada Minggu (22/5), hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Lombok Utara, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu.

Cuaca bagian wilayah NTB yang lain seperti Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Sumbawa secara umum diprakirakan cerah berawan pada akhir pekan ini.

BMKG memprakirakan selama dasarian kedua Mei 2022 peluang hujan turun dengan curah hujan lebih dari 20 mm per dasarian lebih dari 60 persen di seluruh wilayah NTB kecuali di bagian tengah Pulau Lombok.

Peluang hujan dengan intensitas >50 mm per dasarian diprakirakan berpotensi sangat rendah terjadi di sebagian wilayah NTB, yaitu di sebagian Lombok Barat, sebagian Sumbawa, dan sebagian Kabupaten Dompu dan Bima, dengan peluang <20 persen, kata Gede Dedy Krisnawan.

BMKG mengimbau warga mewaspadai risiko bencana akibat hujan dan angin kencang seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang.


https://elshinta.com/news/268700/2022/05/21/hujan-diprakirakan-turun-di-bagian-wilayah-ntb-akhir-pekan-ini

Sumber: https://elshinta.com/news/268700/2022/05/21/hujan-diprakirakan-turun-di-bagian-wilayah-ntb-akhir-pekan-ini
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BMKG,
topics Banjir, longsor, pohon tumbang,
places NUSA TENGGARA BARAT,
cities Lombok, Mataram,