Anggota Secret Service Pengawal Joe Biden Mabuk, Pukuli Warga di Korea Selatan

  • 21 Mei 2022 11:05:34
  • Views: 7

TEMPO.CO, Jakarta - Dua agen dinas rahasia Secret Service yang akan mengawal perjalanan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ke Asia dipulangkan. Keduanya dituduh mabuk dan menyerang seorang warga Korea Selatan sehari sebelum presiden tiba di Seoul.

Seorang pejabat polisi distrik Yongsan mengatakan bahwa salah satu agen ditangkap pada Kamis dini hari setelah bertengkar karena taksi. Namun seorang pejabat AS membantah bahwa pengawal tersebut ditahan atau ditangkap. Ia mengatakan bahwa sang agen sedang oleh pejabat Korea Selatan.

Pejabat itu mengatakan agen lain yang terlibat dalam perselisihan itu tidak diselidiki karena melakukan kesalahan. Dinas Rahasia mengetahui insiden di luar tugas yang melibatkan dua agen yang mungkin merupakan pelanggaran kebijakan potensial, kata Anthony Guglielmi, juru bicara agen tersebut.

Orang-orang itu akan segera dikembalikan ke pos tugas mereka dan ditempatkan pada cuti administratif. Tidak ada dampak pada perjalanan presiden yang akan datang, ujar Guglielmi.

Insiden itu terjadi di luar hotel Grand Hyatt, tempat Biden akan menginap saat ia memulai perjalanannya pada 20-24 Mei 2022 ke Korea Selatan dan Jepang. Biden tiba di Seoul pada Jumat malam. Pejabat polisi Korea Selatan tidak memberikan nama atau informasi lain tentang tersangka.

Secret Service adalah badan AS yang menjaga presiden dan Gedung Putih. Anggota Secret Service secara berkala telah terlibat dalam insiden atas perilaku buruk di luar negeri.

Pada 2012, 11 agen Secret Service dipulangkan dari Kolombia karena dugaan pelanggaran yang melibatkan perselisihan dengan pelacur sebelum kunjungan Presiden Barack Obama saat itu.

TV Chosun, penyiar Korea Selatan yang pertama kali melaporkan insiden di Seoul, mengatakan tersangka berusia 30-an dan ditangkap setelah seorang tamu di hotel menelepon polisi.

Baca: Temani Biden Kunjungi Pabrik Semikonduktor, Direktur Samsung Absen Sidang

REUTERS


https://dunia.tempo.co/read/1593653/anggota-secret-service-pengawal-joe-biden-mabuk-pukuli-warga-di-korea-selatan

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1593653/anggota-secret-service-pengawal-joe-biden-mabuk-pukuli-warga-di-korea-selatan
Tokoh





Graph

Extracted

persons Barack Obama, Joe Biden,
companies ADA, Reuters,
ministries Polisi,
fasums Gedung Putih, Grand Hyatt,
nations Amerika Serikat, Jepang, Kolombia, Korea Selatan,
places DKI Jakarta,
cities Seoul,
brands Samsung,