Lapangan Migas Jumila Beroperasi, Produksi Gas Indonesia akan Bertambah 45 MMSCFD

  • 21 Mei 2022 10:59:17
  • Views: 15

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan, produksi gas Indonesia bertambah sebesar 45 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) dengan beroperasinya Lapangan Jumelai.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) selaku operator di Wilayah Kerja (WK) Mahakam dengan dukungan dari PT Pertamina Hulu Energi (PHE) dan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) selaku induk usaha meresmikan pengoperasian proyek pengembangan Lapangan Jumelai yang menjadi bagian dari Proyek Jumelai, North Sisi, North Nubi (JSN) di Lapangan Senipah-Peciko-South Mahakam (SPS), Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara.

Seremoni ini menandakan dimulainya aliran gas dari anjungan JML1 di Lapangan South Mahakam ke Lapangan SPS. Proyek Jumelai merupakan proyek fasilitas produksi pertama dari PHM yang beroperasi pada 2022.

“Estimasi produksi dari proyek ini adalah gas sebesar 45 MMSCFD (juta standar kaki kubik per hari) dan kondensat 710 BCPD (barel kondensat per hari). Dengan produksi yang cukup besar, maka produksi dari Lapangan Jumelai menjadi salah satu penopang kebutuhan migas nasional sekaligus sebagai penggerak roda perekonomian bagi Indonesia, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur, kata Julius, di Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Secara keseluruhan proyek ini dapat diselesaikan dalam waktu lebih kurang 24 bulan dengan nilai investasi sebesar USD 65 juta atau sekitar Rp 1,1 triliun.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

PT Pertamina Hulu Energi OffShore North West Java (PHE ONWJ), kontraktor di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas, melakukan upacara 17 Agustus dalam rangka ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 73.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967519/lapangan-migas-jumila-beroperasi-produksi-gas-indonesia-akan-bertambah-45-mmscfd

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967519/lapangan-migas-jumila-beroperasi-produksi-gas-indonesia-akan-bertambah-45-mmscfd
Tokoh





Graph

Extracted

persons Julius Wiratno, Wiratno,
companies WhatsApp,
ministries SKK Migas,
bumns PT Pertamina, PT Pertamina Hulu Energi,
topics kontrak kerja,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN TIMUR,