562 Spesies Hewan Global Keberadaannya Tidak Diketahui

  • 21 Mei 2022 10:46:20
  • Views: 2

KBRN, Burnaby: Studi internasional mengeluarkan evaluasi global pertama pada semua spesies vertebrata darat yang belum dinyatakan punah dan mengidentifikasi bahwa lebih dari 500 spesies dianggap 'hilang' -- yang belum pernah terlihat oleh siapa pun selama lebih dari 50 tahun.

Para peneliti meninjau informasi tentang 32.802 spesies dari International Union for Conservation of Nature Red List of Threatened Species (IUCN Red List) dan mengidentifikasi 562 spesies yang hilang. Temuan mereka muncul di jurnal Animal Conservation.

Daftar Merah IUCN mendefinisikan kepunahan sebagai 'ketika tidak ada keraguan yang masuk akal bahwa individu terakhir dari suatu spesies telah mati,' yang dapat menjadi tantangan untuk diverifikasi. Menurut Profesor Keanekaragaman Hayati Simon Fraser University dan rekan penulis studi Arne Mooers, Daftar Merah ini mengategorikan 75 dari 562 spesies yang hilang ini sebagai 'mungkin punah.' Para peneliti mencatat keberadaan banyak spesies dengan status konservasi yang tidak pasti dapat menjadi semakin bermasalah karena krisis kepunahan memburuk dan lebih banyak spesies hilang.

Sebanyak 311 spesies vertebrata darat telah dinyatakan punah sejak tahun 1500, yang berarti 80 persen lebih banyak spesies yang dianggap hilang daripada yang dinyatakan punah, seperti dikutip dari Simon Fraser University, Sabtu (21/5/2022).

Reptil memimpin dengan 257 spesies dianggap hilang, diikuti oleh 137 spesies amfibi, 130 spesies mamalia dan 38 spesies burung. Sebagian besar hewan yang hilang ini terakhir terlihat di negara-negara megadiversifikasi seperti Indonesia (69 spesies), Meksiko (33 spesies) dan Brasil (29 spesies).

Meskipun tidak mengejutkan, konsentrasi ini penting, menurut para peneliti. “Fakta bahwa sebagian besar spesies yang hilang ini ditemukan di negara-negara tropis megadiversifikasi mengkhawatirkan, mengingat negara-negara tersebut diperkirakan akan mengalami jumlah kepunahan tertinggi dalam beberapa dekade mendatang, kata penulis utama studi Tom Martin dari Kebun Binatang Paignton Inggris.

Gareth Bennett, seorang mahasiswa sarjana SFU yang melakukan banyak penyisiran data, menambahkan: Kami berharap penelitian sederhana ini akan membantu membuat spesies yang hilang ini menjadi fokus dalam pencarian di masa depan.


https://rri.co.id/teknologi/sains-dan-teknologi/1462137/562-spesies-hewan-global-keberadaannya-tidak-diketahui?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/teknologi/sains-dan-teknologi/1462137/562-spesies-hewan-global-keberadaannya-tidak-diketahui?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
nations Brasil, Indonesia, Inggris, Meksiko,