Ngaku Eks Napi Teroris, Penculik 12 Bocah Jakarta-Bogor Ingin Tutupi Sesuatu?

  • 21 Mei 2022 10:25:45
  • Views: 4

Jakarta -

Abi Rizal Afif atau Rizal Afif (28), tersangka kasus penculikan 12 bocah di Bogor, Jakarta, dan Tangerang Selatan (Tangsel) berbohong soal dirinya yang berstatus mantan narapidana terorisme (napiter), terlibat pengeboman Sarinah pada 2016 silam, hingga murid Habib Bahar bin Smith. Pengakuannya terbukti hanya isapan jempol belaka lantaran data Lapas Kelas II-A Gunung Sindur, Bogor, hingga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), tidak ditemukan namanya.

Pertama, dia ingin agar dia dianggap sebagai bukan penjahat biasa. Namun merupakan anggota dari jaringan yang tidak bisa dianggap sepele, kata Sosiolog Kriminalitas Universitas Gadjah Mada, Soeprapto, kepada detikcom, Sabtu (21/5/2022).

Kedua, dia sedang ingin menutupi identitas yang sebenarnya agar tujuan penculikan itu tidak mudah terkuak, lanjutnya.

Soeprapto menyebut kerap ditemukan penculikan berujung pada tindakan lainnya. Di antaranya dijadikan pengemis, pemulung, hingga pekerja seks.

Dan yang paling ngeri jika untuk diambil organ tubuhnya seperti ginjal, kornea mata, dan lain-lain, tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Rizal Afif sebelumnya ditangkap polisi di Senayan, Jakarta Pusat, pada Kamis (12/5) sore. Rizal lalu diperiksa polisi hingga membuat pengakuan bahwa dirinya adalah eks napiter dan baru bebas dari Lapas Gunung Sindur pada Februari 2022.

Terhadap yang bersangkutan kami masih lakukan pendalaman. Karena berdasarkan pengakuan tersangka, tersangka sudah tiga kali menjalani hukuman pidana. Dua kali (di antaranya) menjalani pidana kasus terorisme, kata Kapolres Bogor AKBP Imam Imanuddin dalam jumpa pers di Mapolres Bogor, Jl Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Kamis (12/5).

Pengakuan Rizal Afif ini dibantah Kalapas Gunung Sindur, Mujiarto. Mujiarto menegaskan nama Abi Rizal Afif tidak ada di database warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Bahwa berdasarkan data yang kami miliki, dapat kami sampaikan tersangka atas nama Abi Rizal Afif tidak pernah ada dan tidak pernah menjalani pidana di Lapas Khusus Kelas II-A Gunung Sindur, ujar Mujiarto dalam keterangan kepada detikcom, Jumat (13/5).

Kemudian, polisi juga mengungkap pengakuan Rizal Afif sebagai murid Bahar Smith. Rizal Afif mengaku pertama kali bertemu Bahar Smith di kediaman Bahar Smith di Kemang, Bogor.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.


https://news.detik.com/berita/d-6088111/ngaku-eks-napi-teroris-penculik-12-bocah-jakarta-bogor-ingin-tutupi-sesuatu

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6088111/ngaku-eks-napi-teroris-penculik-12-bocah-jakarta-bogor-ingin-tutupi-sesuatu
Tokoh



Graph

Extracted

persons Bahar bin Smith,
companies ADA,
ministries BIN, BNPT, Polisi,
institutions UGM,
fasums Lapas Gunung Sindur,
places BANTEN, DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bogor, Gunung, Senayan, Tangerang,
cases Teroris,