Mitsubishi Meluncurkan Mobil Listrik Mungil eK X EV, Harga Rp 275 Juta

  • 21 Mei 2022 10:04:55
  • Views: 6

TEMPO.CO, JakartaMitsubishi meluncurkan mobil listrik mungil All New eK X EV, Jumat, 20 Mei 2022. Mobil ini masuk dalam segmen kei car listrik dan akan dipasarkan mulai musim panas di Jepang.

All-new eK X EV ditawarkan dengan harga mulai dari 2.398.000 yen (setara Rp 275 juta) hingga 2.932.600 yen (Rp 336,5 juta). Harga tersebut sudah termasuk pajak konsumsi 10 persen yang diterapkan Pemerintah Jepang.

All New eK X EV merupakan seri kei car Mitsubishi Motors dengan cita rasa SUV, serta menawarkan jarak tempuh yang cukup untuk penggunaan sehari-hari, yakni 180 km dalam sekali pengisian daya (metode WLTC5). Model ini dibekali dengan baterai 20 kilowatt (kWh) dan dilengkapi dua port pengisian, biasa dan cepat. Port pengisian biasa (AC200V/14.5A) membutuhkan waktu sekitar  8 jam untuk mencapai pengisian penuh. Sedangkan pengisian cepat hanya memerlukan waktu sekitar 40 menit untuk pengisian 80 persen.

Dua port pengisian daya ini memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengisi daya baterai eK X EV. Port pengisian daya biasa umumnya digunakan di rumah dan port pengisian cepat digunakan selama perjalanan jarak jauh (melalui Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Umum/SPKLU).

Mitsubishi menerapkan sistem pendingin dari AC untuk menjaga suhu pada baterai. Sehingga tingkat pengisian daya yang tinggi dapat dipertahankan bahkan setelah mengemudi dengan kecepatan tinggi berulang kali dan pengisian cepat.

Torsi maksimumnya adalah 195 Nm, hampir dua kali lipat dari model turbo bensin pada kelas yang sama, dan performa motor juga telah ditingkatkan untuk mencapai performa berkendara yang mulus dan bertenaga.

Model ini memiliki tiga mode berkendara, memungkinkan pengemudi untuk memilih mode yang diinginkan sesuai dengan kondisi berkendara – mode Normal, yang optimal untuk berkendara di kota; mode Eco, yang mengurangi output motor untuk meningkatkan konsumsi daya; dan mode Sport, yang memberikan respons throttle yang tajam.

Kendaraan ini menggunakan Innovative Pedal Operation Mode yang memungkinkan kontrol akselerasi dan deselerasi hanya dengan mengoperasikan pedal akselerator. Ini mengingatkan akan sistem satu pedal yang digunakan pada Nissan Kicks e-Power. Penggunaan sistem pedal ini diklaim dapat mengurangi kelelahan pengemudi saat mengoperasikan kendaraan dengan memberikan gaya pengereman yang sesuai tanpa perlu beralih dari pedal akselerator ke pedal rem saat melambat.

Model baru ini memiliki kabin yang luas dan menyenangkan serta kemudahan penggunaan seperti eK X, kei car lainnya. eK X Kei Car juga dapat memberikan pengalaman berkendara yang halus dan bertenaga dengan memberikan pengendara rasa tenang dan nyaman. Pengendara mendapatkan kenyamanan melalui sistem bantuan pengemudi canggih dan konektivitas.

Nah, sayangnya model kei car ini hanya dipasarkan di Jepang. Mungkin suatu saat nanti akan diboyong juga ke Indonesia, layak dinantikan.

Baca juga: Mitsubishi eK Cross Mejeng di Tokyo Auto Salon, Imut tapi Garang

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.


https://otomotif.tempo.co/read/1593642/mitsubishi-meluncurkan-mobil-listrik-mungil-ek-x-ev-harga-rp-275-juta

Sumber: https://otomotif.tempo.co/read/1593642/mitsubishi-meluncurkan-mobil-listrik-mungil-ek-x-ev-harga-rp-275-juta
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, Mitsubishi Corp,
topics Listrik,
products kendaraan listrik, yen,
nations Indonesia, Jepang,
places DKI Jakarta,
cities Tokyo,
transportations mobil listrik,
brands Mitsubishi, Nissan,