Dolar AS Menguat, Investor Cari Aman di Tengah Lonjakan Inflasi

  • 21 Mei 2022 09:05:24
  • Views: 3

TEMPO.CO, New York - Dolar AS menguat terhadap sejumlah mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Jumat waktu setempat atau Sabtu pagi, 21 Mei 2022.

Penguatan itu karena pelaku pasar mencari perlindungan di aset-aset safe-haven di tengah kekhawatiran dampak dari lonjakan inflasi yang mencapai level tertinggi dalam empat dekade.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya, naik 0,41 persen menjadi 103,1490, menyusul penurunan 1,05 persen di sesi sebelumnya.

Dolar menguat terhadap euro karena kegelisahan investor tentang potensi kejatuhan ekonomi dari upaya Federal Reserve untuk menekan inflasi yang menggelembung ke permukaan, memperburuk sentimen risiko di Wall Street.

Dolar naik 0,3 persen terhadap euro setelah saham AS jatuh pada Jumat, 20 Mei 2022, menempatkan Indeks S&P 500 di ambang konfirmasi telah berada di pasar bearish sejak mencapai rekor tertinggi pada Januari.

Namun keuntungan sesi untuk dolar tidak cukup untuk menghapus penurunan tajam dari awal pekan ini yang telah menarik greenback menjauh dari level tertinggi lima tahun terhadap mata uang bersama, di tengah kekhawatiran reli selama berbulan-bulan mungkin telah berlebihan.

Mata uang AS telah didukung dalam beberapa bulan terakhir oleh pelarian ke tempat yang aman oleh investor, di tengah kerugian di seluruh pasar karena kekhawatiran dampak inflasi yang melonjak, Federal Reserve yang hawkish dan konflik Rusia-Ukraina.


https://bisnis.tempo.co/read/1593625/dolar-as-menguat-investor-cari-aman-di-tengah-lonjakan-inflasi

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1593625/dolar-as-menguat-investor-cari-aman-di-tengah-lonjakan-inflasi
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters, Wall Street,
products dolar AS, emas,
nations Rusia, Ukraina,