Semoga Saja Nggak Muncul Varian Baru

  • 21 Mei 2022 08:10:27
  • Views: 9

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengungkapkan, jumlah kasus aktif Covid-19 terus menurun selama 19 hari terakhir. Penurunan kasus ini menjadi salah satu alasan pelonggaran pemakaian masker di ruang terbuka.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan, ada tiga faktor yang turut mendukung kebijakan pelonggaran pemakaian masker. Keputusan tersebut mempertimbangkan kondisi riil pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Penilaian risiko berdasarkan beberapa indikator penting, yakni data harian terus menurun. Seperti pada 19 Mei, hanya ditemukan 318 kasus baru Covid-19, dengan jumlah spesimen diperiksa sebanyak 127.464, ungkap Reisa dalam konferensi pers di Istana Negara, kemarin.

Berita Terkait : Kasus Covid Memang Landai, Tapi Tidak Boleh Lalai

Dengan begitu, positivity rate juga sangat turun, yakni kurang dari 3 persen untuk saat ini. Kemudian, keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 juga sangat rendah, yakni kurang dari 3 persen.

“Dengan demikian, tren kasus baru, hospitalisasi, perawatan intensif harian dan kematian di Indonesia masih rendah, katanya.

Situasi ini lebih baik jika dibandingkan dengan situasi pasca-libur panjang Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru pada tahun sebelumnya. Saat itu, angka positivity rate dan keterisian rumah sakit di Indonesia sangat tinggi.

Berita Terkait : PBB Minta Wacana Tunda Pemilu Nggak Muncul Lagi

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, kenaikan kasus positif dan kasus aktif biasanya terjadi dua hingga empat minggu pasca Lebaran atau liburan. Itu karena mobilitas masyarakat yang tinggi dan tidak disertai prokes yang baik.

Secara historis, kenaikan kasus di Indonesia selalu terjadi bersamaan dengan munculnya varian baru yang termasuk varian of concern.

“Seperti varian Delta pada pasca masa Lebaran tahun lalu dan varian Omicron pasca libur Natal dan Tahun Baru lalu, ujar Reisa.
 Selanjutnya 


https://rm.id/baca-berita/government-action/125162/kasus-aktif-covid-makin-sedikit-semoga-saja-nggak-muncul-varian-baru
 

Sumber: https://rm.id/baca-berita/government-action/125162/kasus-aktif-covid-makin-sedikit-semoga-saja-nggak-muncul-varian-baru
Tokoh



Graph

Extracted

persons Reisa Broto Asmoro,
companies ADA,
parties PBB,
topics Omicron,
fasums Istana Negara,
products masker,
nations Indonesia,
cases covid-19,