DKI Lepas Tangan Soal Sponsor Formula E, Bank Plat Merah Jadi Harapan

  • 21 Mei 2022 07:05:35
  • Views: 8

TEMPO.CO, Jakarta - Perhelatan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Ancol, Jakarta Utara tinggal dua pekan lagi, yaitu 4 Juni 2022. Namun penyelenggara masih dipusingkan dengan sponsor untuk membiayai ajang balap mobil listrik internasional itu.

Hingga kini biaya Formula E Jakarta diambil dari kas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk pembayaran uang komitmen atau commitment fee senilai Rp 560,3 miliar dan anggaran PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Rp 60 miliar. 

Sekretaris Komisi E Bidang Kesra DPRD DKI Jakarta Johny Simanjuntak mengatakan pembayaran uang komitmen itu dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta. Iya data resmi dari Dispora, kata dia dalam pesan teksnya, 14 September 2021.

Janji sponsor akan diumumkan

Hingga saat ini penyelenggara Formula E Jakarta belum terbuka perihal sponsor kegiatan balap mobil listrik. Vice President Communication Formula E Iman Sjafei berjanji akan mengumumkan sponsor Jakarta E-Prix antara tanggal 20-25 Mei 2022. 

“Aku enggak tahu, antara 20-25 Mei, ujar Iman melalui sambungan telepon Rabu, 18 Mei 2022.

Iman menjelaskan alasan mengapa sponsor acara itu belum juga diumumkan. Menurutnya, hal itu terjadi karena Formula E Jakarta bukan lagi acara yang dibuat sendiri oleh pihak Indonesia, melainkan ada kerja sama dengan Formula E Operation (FEO). Memang kebijakannya seperti itu.

Salah satu kebijakan itu termasuk soal sponsor, karena akan ada sponsor global yang akan dilibatkan. “Terutama, misalnya, kalau kita nonton di seri lain, itu kan ada ABB atau brand-brand lain. Nah itu kan juga sampai sekarang belum dirilis juga untuk di Indonesia, kata Iman. “Jadi, kebijakan mereka gitu sih.

Menurut Iman, gelaran seperti Formula E Jakarta sangat membutuhkan sponsor, karena acara itu sudah tidak lagi memakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN). “Karena enggak mungkin enggak ada sponsor juga, kalau enggak ada enggak jalan juga ini, karena enggak ada uangnya untuk bangun segala macam, tutur Iman.

Beberapa perusahaan bakal jadi sponsor

Sementara, Managing Director Formula E Jakarta Gunung Kartiko mengatakan pihaknya sudah mendapatkan sponsor yang mendukung penyelenggaraan balap mobil listrik. Namun, Gunung belum mau menyebutkan rincian nama perusahaan yang bersedia menjadi sponsor termasuk berapa jumlah yang sudah masuk. Sponsorship sudah ada. Ada beberapa, kata dia saat dihubungi 15 Mei 2022 lalu.

Gunung juga mengakui, salah satu sponsor acara itu berasal dari bank swasta. Namun, dia menekankan, sponsor yang masuk tidak hanya berasal dari bank swasta, melainkan juga ada dari perusahaan lain. Tidak hanya bank swasta, ada beberapa perusahaan lain, ucap Gunung.

Selanjutnya berharap bank plat merah jadi sponsor....


https://fokus.tempo.co/read/1593618/dki-lepas-tangan-soal-sponsor-formula-e-bank-plat-merah-jadi-harapan

Sumber: https://fokus.tempo.co/read/1593618/dki-lepas-tangan-soal-sponsor-formula-e-bank-plat-merah-jadi-harapan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Gunung Kartiko,
companies ADA,
ministries DPRD,
topics APBN, Listrik,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Ancol, Gunung,
transportations mobil listrik,