Penjualan Listrik Hingga April Meningkat, Bukti Ekonomi Indonesia Mulai Bangkit

  • 21 Mei 2022 06:07:03
  • Views: 9

IDXChannel - PT PLN (Persero) mengkonfirmasi adanya kenaikan konsumsi listrik masyarakat hingga April 2022 sebesar 88.803 Gigawatt hours (GWh). Catatan tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 8,62 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, yang masih sebesar 81.756 GWh.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Diah Ayu Permatasari mengatakan kenaikan konsumsi listrik dalam negeri menjadi pertanda pemulihan ekonomi nasional. 

Kenaikan penjualan listrik ini menandai perekonomian Indonesia mulai bangkit, sebab permintaan listrik sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, kata Diah, Jumat (20/5/2022).

Pertumbuhan penjualan listrik tertinggi hingga April tahun ini terjadi di Riau dan Kepulauan Riau yaitu sebesar 43,8 persen. Kemudian Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) sebesar 23,5 persen. Disusul wilayah Bangka Belitung dengan pertumbuhan sebesar 12,8 persen dibanding tahun lalu.

Diah menuturkan, peningkatan penjualan listrik tersebut dipicu oleh berbagai program transformasi yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Selain itu juga didorong pencanangan program intensifikasi dan ekstensifikasi penjualan yang dilaksanakan oleh PLN selama pemulihan ekonomi pasca pandemi ini. 

Kami terus melakukan inovasi untuk mendorong penjualan listrik. Untuk pelanggan rumah tangga, kami mendorong electrifying lifestyle. Ibarat kata, kami tidak mau berpuas diri dari capaian hari ini, ungkap Diah.

Menurutnya, strategi intensifikasi penjualan tenaga listrik dilakukan PLN dengan mendorong penggunaan listrik pelanggan untuk kegiatan produktif. Langkah ini dilakukan PLN melalui rangkaian program bundling dan promo tambah daya. 

PLN juga mendorong penerapan gaya hidup dengan menggunakan peralatan berbasis listrik dalam kehidupan sehari-hari atau electrifying lifestyle, seperti mendorong ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai dan penggunaan kompor induksi.

Banyak program yang kami sediakan mendorong konsumsi listrik. Seperti diskon 30 persen bagi pemilik kendaraan listrik yang mengisi daya kendaraan listriknya di malam hari, katanya.

Dia melanjutkan untuk strategi ekstensifikasi penjualan yaitu meningkatkan jumlah pelanggan PLN. Strategi ini ditempuh melalui program win back yaitu mengakuisisi captive power atau mengganti kelistrikan perusahaan-perusahaan yang masih menggunakan pembangkit sendiri dengan suplai listrik dari PLN. 

Langkah tersebut dilakukan agar pelanggan dapat berfokus pada bisnis intinya. Urusan listrik biar kami yang backup, imbuhnya.

Tak hanya itu, PLN juga terus menggali ceruk pasar potensial di berbagai sektor. Misalnya, program electrifying agriculture dan electrifying marine untuk sektor pertanian,  peternakan, perkebunan, dan perikanan serta kelautan. (TSA)


https://www.idxchannel.com/economics/penjualan-listrik-hingga-april-meningkat-bukti-ekonomi-indonesia-mulai-bangkit

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/penjualan-listrik-hingga-april-meningkat-bukti-ekonomi-indonesia-mulai-bangkit
Tokoh

Graph