Bangga Buatan Indonesia Momentum Kebangkitan UMKM

  • 21 Mei 2022 02:32:10
  • Views: 15

height=675
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) RI Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan dalam peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BWI) digelar  di Pantai Tanjung Kelayang Belitung, Jumat (20/5/2022). (foto: Wandasona Al-hamd/RRI)

KBRN; Tanjungpandan: Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BWI) digelar  di Pantai Tanjung Kelayang Belitung, Jumat (20/5/2022). Kegiatan ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Dalam sambutannya secara virtual, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) RI Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia harus menjadi momentum kebangkitan UMKM Indonesia.

“Temanya Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia, laskar menunjukkan kekuatan serta semagat dari para pelaku UMKM yang artinya produk UMKM di Babel siap mendunia, terlebih lagi hari ini bertepatan dengan Hri Kebangkitan Nasional kiranya dapat dijadikan momentum kebangkitan UMKM Indonesia, kata Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya secara virtual dihadapan Wakil Menteri Perdagangan, Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dan sejumlah tamu lainnya serta masyarakat  yang hadir.

Selain itu, ia mengharapkan potensi produk lokal Babel dapat bangkit merata hingga ke nasional dan internasional.

“Kita tau Babel terkenal sebagai pengexpor lada, kita berharap kedepann tidak hanya lada yang dominan tetapi produk lainnya terus terdampak pasar global seperti kain cual. Nah inilah esensi dari Gernas BBI demain kita perluas suplai kita perkuat dan pendampingan terus kita lakukan, ujarnya.

Luhut juga menyinggung seputar potensi Bangka Belitung berupa Geopark yang telah mendapat pengakuan dunia melalui Unesco dapat menjadi potensi pariwisata.

“Dalam hal ini kita dituntut untuk mampu menunjukkan pelestarian situs Geopark bersamaan dengan pemanfaatan untuk tempat Pariwisata. Namun pemeiharaannya dan penganggarannya perlu menjadi perhatian terkhusus oleh Pemerintah daerah,ungkapnya.

Untuk itu pula ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat menyukseskan Gerakan Nasional BBI dan BWI.

“Kolaborasi ini telah menghasilkan puluhan  kegiatan acara yang berlangsung di Babel. Aktifasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia juga dengan BCA yang berhasil membina masyarakat di Bukit Peramun untuk go digital ini menunjukkan semangat kolaborasi BBI dan bangga berwisata di Indonesia. Begitu Juga dukungan e-comers top breand, asosiasi, komunitas, media serta seluruh masyarakat,ucapnya.

Terlebih saat ini pandemi covid 19 sudah melandai di Indonesia yang harus juga dijadikan peluang bagi dunia pariwisata dan kebangkitan produk – produk lokal.

“Ketika pandemi melandaI gernas BBI dan BWI terus berjalan, adapun jumlah UMKM on bording per Maret 2022 mencapai 18.5 juta unit dan kita harapkan akhir Mei ini mampu mencapai 20 juta unit yang disatu sisi untuk domain produk dlaam Negeri terus ita dorong melalui aksi afpermasi belanja Pemerintah dan BUMN yang saat ini komitnya mencapai lebih dari Rp800 trillun, ini akan kita terus kawal sehingga memberi dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, ungkapnya.

Luhut juga menyarankan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan lakukan langkah khusus untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya produk – prodduk lokal.

“Pertama memastikan belanja prduk dalam negeri melalui ekatalog, kedua mendorong hadirnya ekatalog lokal dan ketiga ekatalog lokal wajib diisi produk UMKM dalam Negeri, tambahnya.

Lebih lanjut, Luhut menekankan pentingnya menjaga keberlanjutan dari yang telah dicapai.

“Saya titip kepada Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif serta Kementerian Koperasi dan UKM , Ketua dan Wakil Ketua harian gerakan Nasional BBI untuk terus mengawal perkembangan gernas BBI sehingga manfaatnya bisa dirasakan di masyarakat, kita tunjukkan cahaya Bangka Belitung kepada dunia, pungkasnya. (WS)


https://rri.co.id/ekonomi/1461976/bangga-buatan-indonesia-momentum-kebangkitan-umkm?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/ekonomi/1461976/bangga-buatan-indonesia-momentum-kebangkitan-umkm?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh



Graph

Extracted

persons Luhut Binsar Panjaitan,
companies PT Bank Central Asia Tbk,
ministries BI, Kemendag,
topics Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI),
products UMKM,
nations Indonesia,
places KEPULAUAN BANGKA BELITUNG,
cities Bangka,
cases covid-19,