Hendi Sambut Peserta Jambore Nasional Penyuluh Anti Korupsi se-Indonesia

  • 21 Mei 2022 01:46:27
  • Views: 4

INDOZONE.ID - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menghadiri pembukaan Jambore Penyuluh Antikorupsi Seluruh Indonesia dan Ahli Pembangunan Integritas (PAKSI-API) Tingkat Nasional yang diselenggarakan pada 20-22 Mei 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol. Firli Bahuri, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan juga penyuluh anti korupsi se-Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Hendi sapaan akrab Wali Kota menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena kota Semarang ditunjuk menjadi tuan rumah. 

Dipilihnya Kota Semarang menjadi tuan rumah tentu memberikan motivasi dan suntikan semangat kepada Pemerintah Kota Semarang dan seluruh elemen masyarakat untuk bagaimana kemudian bersama-sama berupaya keras melakukan pencegahan korupsi yang salah satunya dengan memperkuat pendidikan anti korupsi melalui instrumen pendidikan baik sekolah, keluarga, maupun lingkungan sekitar, terang Hendi.

“Sama halnya dalam memerangi virus Covid-19 kita butuh protokol kesehatan yaitu upaya pencegahan dan vaksinasi dengan memberikan pendidikan anti korupsi dan integritas sebagai rompi anti peluru agar kebal terhadap budaya korupsi. Kita harus terus berupaya menciptakan negara yang bersih dari praktek korupsi, lanjutnya.

Menurut Hendi, tujuan dari Jambore ini adalah untuk membangun learning participant dan kolaborasi aksi antara penyuluh anti korupsi se-Indonesia, serta untuk meningkatkan dukungan dan aksi kolaborasi pembangunan integritas anti korupsi terhadap pemangku kebijakan di daerah khususnya Kota Semarang.

Kegiatan ini diikuti oleh 140 penyuluh dari seluruh Indonesia serta menjaring keikutsertaan siswa-siswi SMP dan SMA dalam memahami nilai integritas. 

BACA JUGA: Hendi Ikut Sukseskan Pemecahan Rekor Muri SICITA dari Kota Semarang

Sementara itu, Ketua KPK RI, Komjen Pol. Firli Bahuri memberikan tanggapan positif pada kegiatan Jambore ini. Selain sebagai ajang berkumpulnya para penyuluh anti korupsi seluruh Indonesia juga dapat menyampaikan sosialisasi dan kampanye anti korupsi. 

“Jadi kami menyambut baik, dan berharap ini bukan hanya seremonial tetapi dari kegiatan ini bisa menghasilkan sesuatu, agar saat mereka kembali minimal ada sharing-lah, ujar Firli.

“Harapannya mereka bisa sharing di sini terkait pola-pola metode penyuluhan sehingga teman-teman di luar Jawa Tengah saat kembali ke daerahnya, punya bekal ilmu, metode dan lain-lain. Yang kedua, kami mendorong pemda melakukan pembinaaan, karena mereka ada partner, butuh pemda dalam sosialisasi dan kampanye anti korupsi bisa konsolidasi, kolaborasi, di dalam melaksanakan sosialisasi dan kampanye anti korupsi, imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ganjar Pranowo juga menyampaikan untuk membangun integritas anti korupsi dengan saling mengedukasi dan itu bisa dilakukan dengan spirit bersama.

“Tadi KPK memberi arahan kepada kita agar satu, melalui sistem pendidikan yang ada, tidak harus dengan kurikulum khusus tapi bisa mulai berbagai cara dari pencegahan, monitoring, evaluasi sampai penindakan, itu yang sisi pencegahnya dibantu oleh warga masyarakat, ungkap Ganjar.

Artikel Menarik Lainnya:


https://www.indozone.id/news/Yvsjp1Z/hendi-sambut-peserta-jambore-nasional-penyuluh-anti-korupsi-se-indonesia

Sumber: https://www.indozone.id/news/Yvsjp1Z/hendi-sambut-peserta-jambore-nasional-penyuluh-anti-korupsi-se-indonesia
Tokoh







Graph

Extracted

persons Firli Bahuri, Ganjar Pranowo, Hendrar Prihadi,
companies ADA,
ministries KPK,
organizations API,
topics Protokol Kesehatan,
events vaksinasi,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Semarang,
cases covid-19, korupsi,