UGM Yogya Kembali Dipimpin Seorang Rektor Perempuan

  • 21 Mei 2022 00:43:12
  • Views: 13

Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali dipimpin oleh seorang rektor perempuan. Kali ini Ova Emilia terpilih sebagai rektor UGM periode 2022-2027.

antvklik.com - Ia menjadi rektor perempuan kedua setelah sebelumnya ada nama Dwikorita Karnawati pada periode 2014-2017.

Mantan Dekan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) itu menjadi rektor ke-17 UGM.

Ova ditetapkan sebagai rektor baru UGM setelah dilakukan pemilihan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) pada Jumat, (20/5/2022) di Balai Senat UGM.

Wanita berusia 58 tahun itu bertarung dengan dua kandidat lain, yakni Bambang Agus Kironoto dan Deendarlianto.

Ketua MWA Pratikno mengatakan, Ova ditetapkan sebagai rektor UGM setelah mendapatkan suara terbanyak dibanding dua calon lainnya.

“Kami sudah melakukan voting, dan hasilnya adalah Bambang Agus Kironoto memperoleh 1 suara, Deendarlianto 3 suara, dan Ova Emilia memperoleh 21 suara. Dengan demikian calon rektor terpilih adalah Ova Emilia, kata Pratikno, Jumat (20/5/2022).

Pemilihan dan penetapan rektor tersebut diikuti oleh 17 anggota MWA secara luring dan 1 anggota secara daring.

Anggota MWA yang hadir secara luring di antaranya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Rektor baru UGM terpilih setelah melalui rangkaian proses seleksi bakal calon rektor dan pemilihan rektor yang berlangsung sejak 24 Januari 2022.

Tahapan pendaftaran serta seleksi administrasi meloloskan enam bakal calon rektor yang kemudian diseleksi menjadi tiga calon rektor pada Rapat Pleno Senat Akademik tanggal 12 Mei lalu.

Penetapan rektor oleh MWA ini sekaligus menandai akhir dari rangkaian proses pemilihan rektor. Kemudian rektor terpilih rencananya akan langsung dilantik pada tanggal 27 Mei 2022.

“Karena masa jabatan rektor saat ini, Prof. Panut Mulyono, akan segera selesai, MWA akan melakukan pelantikan dalam waktu dekat, terang Pratikno.

Ova Emilia sendiri merupakan Guru Besar FKKMK UGM yang juga menjabat sebagai dekan sejak tahun 2016. Wanita kelahiran Yogyakarta, 19 Februari 1964 ini menamatkan pendidikan sarjana di UGM pada tahun 1987.

Ia kemudian melanjutkan studi S2 di University of Dundee, Skotlandia, pada tahun 1990. Ova lalu menjalani pendidikan dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi di UGM pada tahun 1996-2000.

Kemudian S3 Clinical Teaching di University of New South Wales dan pendidikan dokter subspesialis di UGM pada tahun 2009.

Selain menjadi dekan, ia juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Indonesia sejak tahun 2018.

Penghargaan yang pernah ia terima di antaranya First Prize for Young Gynecologist Award tahun 1998 dan SIDA Award tahun 2006.

Ia memiliki berbagai pengalaman menulis buku dan jurnal internasional, serta pengalaman membangun inovasi, advokasi, dan kebijakan.

Pada tahun 2012-2020, misalnya, ia membentuk kurikulum bagi dokter untuk pelayanan KB yang menjadi model pelatihan yang diangkat secara nasional dan diterapkan di fakultas kedokteran di Indonesia.

Andri Prasetiyo I Sleman, DIY


https://www.antvklik.com/headline/ugm-yogya-kembali-dipimpin-seorang-rektor-perempuan

Sumber: https://www.antvklik.com/headline/ugm-yogya-kembali-dipimpin-seorang-rektor-perempuan
Tokoh















Graph