Menko Airlangga Jabarkan Program Pemerintah Bangun Kemandirian dan Kedaulatan Industri

  • 20 Mei 2022 22:59:45
  • Views: 10

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan bahwa pemerintah sangat berkomitmen untuk terus menjaga momentum pemulihan sektor industri nasional dengan mengarahkan pembangunan sektor industri kepada 3 prinsip. Ketiga prinsip tersebut adalah industri yang mandiri dan berdaulat, industri yang maju dan berdaya saing, serta industri yang berkeadilan dan inklusif.

Airlangga Hartarto menjelaskan, sektor industri memainkan peran penting sebagai penggerak dan penopang utama perekonomian nasional bahkan meski terdapat gejolak dan tantangan akibat pandemi Covid-19.

Industri pengolahan nonmigas tetap menjadi prime mover pertumbuhan ekonomi hingga kuartal I tahun 2022 dengan pertumbuhan sebesar 5,47 persen, melebihi pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,01 persen.

Sedangkan untuk nilai ekspor industri sampai dengan Maret 2022 sudah mencapai USD 50,52 miliar, dan berkontribusi sebesar 78,83 persen terhadap total ekspor nasional. Purchasing Manager’s Index Indonesia juga masih mampu berada di level ekspansif yaitu 51,9 pada bulan April 2022.

“Prinsip industri yang mandiri dan berdaulat berarti keberlangsungan industri manufaktur dalam negeri tidak boleh tergantung pada sumber daya luar negeri dan tentunya diharapkan ini dapat menjadi kekuatan ekonomi dalam negeri, ungkap Airlangga Hartarto dalam acara SUMMIT Universitas Dian Nuswantoro dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (20/5//2022).

Untuk membangun kemandirian dan kedaulatan industri dalam negeri, Pemerintah mendorong optimalisasi beberapa program, yaitu Program Subtitusi Impor 35 persen tahun 2022, Program Peningkatan Produksi Dalam Negeri (P3DN), Hilirisasi Industri Sumber Daya Alam, serta mendorong industri yang bisa menghasilkan devisa, termasuk industri-industri yang berbasis sumber daya alam.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Era Revolusi Industri 4.0 atau disebut juga dengan Generasi Keempat ditandai dengan kemunculan supercomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetik dan perkembangan neuroteknologi.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967526/menko-airlangga-jabarkan-program-pemerintah-bangun-kemandirian-dan-kedaulatan-industri

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967526/menko-airlangga-jabarkan-program-pemerintah-bangun-kemandirian-dan-kedaulatan-industri
Tokoh



Graph

Extracted

persons Airlangga Hartarto,
companies WhatsApp,
institutions Universitas Dian Nuswantoro,
topics ekspor,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,
musicclubs APRIL,