Video Polisi Acungkan Pistol di Jaksel, Kapolres Beberkan Kronologinya

  • 20 Mei 2022 22:04:07
  • Views: 11

TEMPO.CO, JakartaBeredar video di media sosial memperlihatkan anggota Polsek Pesanggrahan mengacungkan pistol kepada warga di kawasan Ciledug Raya, Jakarta Selatan. Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Budhi Herdi Susianto menjelaskan kronologi yang sebenarnya.

Budhi menuturkan kejadian itu bermula saat ada kendaraan yang mengalami kecelakaan tunggal. Di saat bersamaan anggota polisi tersebut sedang berjaga di sekitar lokasi yang dikenal rawan kejahatan.

Jadi tidak semua anggota kami tempatkan itu anggota berseragam. Jadi kebetulan di dekat lokasi kejadian kecelakaan tersebut yang ada adalah anggota reskrim. Karena ada kecelakaan, walaupun sebetulnya bukan tugas anggota reskrim, tapi itu dia bagus sudah tergerak mau mengikuti nalurinya sebagai polisi, ujar Budhi dalam keterangannya, Jum'at, 20 Mei 2022.

Pada saat anggota reskrim itu datang ke lokasi kecelakaan untuk membantu mengurai kemacetan dan menolong korban. Ada tiga orang pemuda yang menyebut anggota reskrim itu seorang begal.

Pada saat itu di tengah kemacetan ada tiga orang pemuda meneriaki (polisi) dengan kata gangster, begal, dan memprovokasi masyarakat yang ada di situ. Jadi seolah-olah anggota kami dan masyarakat yang bantu kecelakaan itu dianggap begal yang ingin melakukan pidana. Ini kan provokatif, kata Budhi.

Untuk menghindari warga terprovokasi, polisi itu lalu menunjukkan senjata api kepada warga untuk meyakinkan warga bahwa ia merupakan anggota Polri. Menurut Budhi, polisi itu bukan menodongkan pistol kepada warga.

Untuk membuktikan bahwa anggota itu polisi karena dia kebetulan membawa senjata api, dia itu menunjukkan senjata api bukan menodongkan, tapi menunjukkan senjata api bahwa saya (anggota reskrim) ini polisi tutur Budhi.

Ketiga pemuda yang melakukan provokasi itu lalu dibawa ke polsek Pesanggrahan. Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui pemuda itu dalam pengaruh minuman keras. Dia dari omongannya bau minuman keras dan kami tanya, dia memang baru meminum minuman keras, katanya.

Pihak kepolisian melakukan mediasi kepada ketiga pemuda yang memprovokasi tersebut. Kami lakukan mediasi, kami panggil keluarganya mereka buat pernyataan bahwa mereka tidak akan mengulangi perbuatan, tutur Budhi.

NIKEN NURCAHYANI

Baca juga: Pemoge Pukul Pakai Pistol, Pakar Minta Polisi Selidiki Legalitas Senjata Api


https://metro.tempo.co/read/1593573/video-polisi-acungkan-pistol-di-jaksel-kapolres-beberkan-kronologinya

Sumber: https://metro.tempo.co/read/1593573/video-polisi-acungkan-pistol-di-jaksel-kapolres-beberkan-kronologinya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Budhi Herdi Susianto,
companies ADA,
ministries Polisi,
organizations API,
places DKI Jakarta,
cities Pesanggrahan,
cases kecelakaan, Kemacetan,