Mulai Sabtu Besok, Rusia Hentikan Pasokan Gas ke Finlandia

  • 20 Mei 2022 21:06:43
  • Views: 6

TRIBUNNEWS.COM – Rusia memastikan menghentikan pasokan gasnya ke Finlandia, negara yang akan bergabung dengan NATO mulai Sabtu besok.

Kepastian tersebut ditandai dengan produsen Gazprom Rusia telah memberi tahu perusahaan gas negara Finlandia, Gasum.

Seperti dikutip oleh Interfax, Gasum menyebutkan pasokan gas alam ke Finlandia berdasarkan kontrak pasokan Gasum akan dihentikan pada 21 Mei 2022 pukul 07.00 waktu Moskow.

Baca juga: Wakil PM Rusia: Klien Asing Gazprom Export Buka Rekening Bank Rubel untuk Bayar Gas Rusia

Gasum mengatakan mulai 21 Mei, selama musim panas mendatang, akan memasok gas alam ke pelanggannya dari sumber lain melalui pipa Balticconnector.

Gasum menyebutkan sebelumnya bahwa pihaknya telah menolak persyaratan Rusia untuk beralih ke pembayaran gas dalam rubel dan memutuskan untuk membawa perselisihan mengenai kontrak pasokan ke arbitrase sesuai dengan kontrak.

Sebelumnya, Uni Eropa berencana menyiapkan investasi sebesar 195 miliar Euro, untuk menghentikan impor bahan bakar fosil Rusia pada tahun 2027.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Gazprom Hentikan Pasokan Gas ke Bulgaria

Kebijakan itu bersamaan dengan rencana untuk mengembangkan energi terbarukan dan upaya penghematan energi dengan beralih ke pasokan gas alternatif.

Komisi Eropa memperkirakan untuk menjalankan langkah-langkah tersebut membutuhkan investasi sebesar 195 milar Euro, yang diperlukan untuk memenuhi target iklim 2030 UE, yang dapat membantu memangkas tagihan mereka terhadap impor bahan bakar fosil.

Dilansir dari Reuters, berdasarkan rancangan proposal dan keterangan dari pejabat Uni Eropa, UE sedang mempertimbangkan untuk mengusulkan target yang lebih tinggi untuk energi terbarukan dan efisiensi energi.

Komisi Eropa berniat mencapai target sebesar 45 persen untuk energi terbarukan pada tahun 2030, menggantikan target sebelumnya yaitu 40 persen.

Baca juga: Konflik Rusia Vs Ukraina: Pasar Eropa dan Gazprom Pemilik Nord Stream 2 Sama-sama Ketergantungan

Target pengurangan konsumsi energi di Eropa juga naik menjadi 13 persen pada tahun 2030, dibanding target sebelumnya yaitu 9 persen.

Uni Eropa juga akan menyesuaikan undang-undang untuk mempercepat tenggat waktu perizinan bagi beberapa proyek energi terbarukan, dan skema baru untuk memulai peluncuran energi surya berskala besar, serta membangun kembali industri manufaktur surya di Eropa.

Komisi Eropa juga mengungkapkan rencana untuk memproduksi 10 juta ton hidrogen terbarukan pada tahun 2030 dan rencana mengimpor 10 juta ton hidrogen terbarukan.

Uni Eropa juga menguraikan potensi untuk meningkatkan impor gas alam cair (LNG) dari negara-negara seperti Mesir, Israel dan Nigeria, serta penambahan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggantikan impor gas Rusia.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/20/mulai-sabtu-besok-rusia-hentikan-pasokan-gas-ke-finlandia

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/20/mulai-sabtu-besok-rusia-hentikan-pasokan-gas-ke-finlandia
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
nations Bulgaria, Finlandia, Israel, Mesir, Nigeria, Rusia, Ukraina, Uni Eropa,
cities Moskow,