Menhub Minta Swasta Mulai Manfaatkan Kendaraan Tanpa Awak

  • 20 Mei 2022 21:00:11
  • Views: 19

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta pihak swasta untuk mulai memanfaatkan kendaraan otonom atau autonomous vehicle. Ia memandang sistem transportasi cerdas adalah sebuah keharusan dan bisa dimulai dengan kendaraan tanpa awak.

Hal ini diungkapkan Menhub dalam acara Peresmian Penggunaan Kendaraan Listrik Otonom oleh pengembang properti Sinar Mas Land bekerja sama dengan Mitsubishi Corporation, Jumat (20/5) di BSD City, Tangerang, Banten.

“Saya bangga sektor swasta telah berperan aktif mendukung upaya pemerintah menghadirkan kendaraan masa depan ini di Indonesia. Sistem transportasi cerdas (intelligent transport system) ini adalah suatu keniscayaan yang akan terjadi, ujar Menhub Budi karya Sumadi, Jumat (20/5/2022).

Menhub Budi mengatakan, kolaborasi dengan pihak swasta akan terus dilakukan dalam rangka mendorong percepatan penggunaan transportasi otonom di Indonesia.

“Sektor swasta punya sistem yang lebih fleksibel dan terdepan untuk memanfaatkan teknologi seperti ini. Jika swasta berperan aktif ini akan menjadi suatu kekuatan yang luar biasa. Kami dorong swasta juga ikut terlibat dalam pembangunan sistem transportasi di Ibu Kota Negara (IKN) nanti, tuturnya.

Pembangunan IKN dilakukan dengan mengusung konsep Pintar, Hijau dan Berkelanjutan (Smart, Green and Sustainability). Kehadiran transportasi cerdas dan ramah lingkungan seperti kendaraan listrik otonom akan membuat Indonesia menjadi negara yang terkemuka.

“Kita harus percaya kita bisa mewujudkan ini dan momentum ini tepat ketika Indonesia dipercaya memegang Presidensi KTT G-20 tahun ini, ucap Menhub.

Ia berharap, selanjutnya dapat menghadirkan mobil otonom yang berbasis transportasi massal di Indonesia.

Penggunaan kendaraan listrik otonom memiliki sejumlah kelebihan jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional berbahan bakar fosil. Mulai dari rendahnya emisi karbon yang dihasilkan sehingga lebih ramah lingkungan, hingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh kesalahan manusia (human error).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi secara resmi menutup Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2022 pada Selasa (10/05) sore. Meski ditutup, Menhub meminta agar Kepolisian tetap memantau arus balik hingga minggu depan.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967473/menhub-minta-swasta-mulai-manfaatkan-kendaraan-tanpa-awak

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967473/menhub-minta-swasta-mulai-manfaatkan-kendaraan-tanpa-awak
Tokoh



Graph

Extracted

persons Budi Karya Sumadi,
companies Mitsubishi Corp, WhatsApp,
ministries Polisi,
topics Listrik,
products kendaraan listrik,
nations Indonesia,
places BANTEN, DKI Jakarta,
cities Tangerang,
cases kecelakaan,
brands Mitsubishi,