Ekonomi AS Makin Tumbang, JP Morgan Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

  • 20 Mei 2022 19:07:02
  • Views: 7

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTONJP Morgan dilaporkan telah memangkas ekspektasi untuk pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat, pada periode 2022 dan 2023.

Kebijakan tersebut diambil JP Morgan selaku perusahaan jasa keuangan terkemuka di dunia, untuk mengurangi dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi hingga bertambahnya jumlah pengangguran, imbas dari memuncaknya inflasi yang saat ini tengah terjadi di AS.

Baca juga: CEO JPMorgan: Saya Pikir, Jika Anda Meminjam Uang untuk Membeli Bitcoin, Anda Bodoh

Dilansir dari Reuters, pemangkasan PDB AS dilaksanakan JP Morgan pada Rabu (18/5/2022) kemarin. Pemangkasan ini dilakukan selama dua tahun berturut-turut, untuk paruh kedua di tahun 2022 departemen penelitian ekonomi JP Morgan memangkas proyeksi menjadi 2,4 persen dari sebelumnya 3,0 persen.

Sementara untuk paruh pertama tahun 2023, PDB akan dipotong menjadi 1,5 persen dari jumlah sebelumnya yaitu 2,1 persen, melanjutkan pemangkasan di tahun 2023 tepatnya pada paruh kedua JP Morgan rencananya akan memangkas kembali proyeksinya menjadi 1,0 persen dari 1,4 persen.

Baca juga: JPMorgan Chase & Co Gabung dengan Goldman Sachs Group Inc Mundur dari Rusia

Singkatnya, kami memperkirakan soft landing, tetapi sangat menyadari bahwa hasil ini jarang (jika pernah) terjadi, menurut ekonom JP Morgan, Michael Feroli.

Inflasi yang dihadapi Amerika saat ini terpantau telah menyentuh ke angka 8,3 persen pada bulan April 2022. Angka ini jadi yang tertinggi selama beberapa periode terakhir. Bahkan untuk menekan laju inflasi yang makin tinggi, bank sentral AS Federal Reserve (The Fed) telah menaikkan 50 basis poin pada awal bulan kemarin.

Meski berbagai upaya yang telah dilakukan JPMorgan serta The Fed belum dapat menghentikan laju inflasi, namun setidaknya cara tersebut dapat menghambat percepatan inflasi sehingga AS dapat terhindar dari resesi.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/20/ekonomi-as-makin-tumbang-jp-morgan-pangkas-proyeksi-pertumbuhan-ekonomi

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/20/ekonomi-as-makin-tumbang-jp-morgan-pangkas-proyeksi-pertumbuhan-ekonomi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Morgan,
companies JP Morgan, Reuters,
topics Produk Domestik Bruto,
products bitcoin,
nations Amerika Serikat, Rusia,
cities Washington,
cases pengangguran,
musicclubs APRIL,