Krisis Chip Global, TSMC Pertimbangkan Bangun Pabrik Baru di Singapura

  • 20 Mei 2022 18:11:20
  • Views: 6

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK – Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) sedang menginvestasikan miliaran dolar untuk membangun fasilitas fabrikasi baru di Singapura.

Dengan kekurangan chip saat ini, TSMC perlu menambah kapasitas produksi untuk dapat membuat cukup chipset mutakhir guna memenuhi permintaan dari pelanggan utamanya termasuk Apple, Qualcomm, dan Mediatek.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (20/5/2022) TSMC bernegosiasi untuk membangun pabrik baru di Singapura sebagai upaya mengatasi kekurangan chip global.

Baca juga: Chip Semikonduktor Langka, Pengiriman Subaru Forester ke Konsumen Baru Dimulai pada Agustus 2022

Menurut laporan The Journal, TSMC belum membuat keputusan akhir tentang kelanjutan pabrik baru dan pabrik yang sedang dibangun di AS (di negara bagian Arizona) yang saat ini tertunda.

Sebuah pabrik baru di Singapura akan menelan biaya miliaran dolar dan sebagian uang untuk membangun fasilitas tersebut berasal dari pemerintah Singapura.

TSMC tidak mengesampingkan kemungkinan apa pun tetapi tidak memiliki rencana konkret saat ini. kata juru bicara TSMC.

TSMC dan Samsung Foundry merupakan dua produsen semikonduktor teratas di dunia, di mana beberapa produsen smartphone lain mengirimkan desain chip untuk dirakit oleh TSMC dan Samsung.

Baca juga: Dampak Krisis Rantai Pasokan Global, Samsung Berencana Naikkan Harga Chip Sebesar 20 Persen

Misalnya, Apple mendesain SoC seri-A dan seri-M dan menyerahkan pembuatan komponen ke TSMC. Apple, pada kenyataannya, adalah pelanggan terbesar produsen semikonduktor itu.

Baik TSMC dan Samsung akan mulai mengirimkan chip yang dibuat menggunakan node proses 3nm mereka tepat waktu untuk memasukkannya ke dalam produk konsumen tahun depan.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/05/20/krisis-chip-global-tsmc-pertimbangkan-bangun-pabrik-baru-di-singapura

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/05/20/krisis-chip-global-tsmc-pertimbangkan-bangun-pabrik-baru-di-singapura
Tokoh

Graph

Extracted

nations Singapura, Taiwan,
cities New York,
brands Apple, Samsung,