Peneliti CSIS Sebut Demokrasi Saat Ini Sedang Rentan dalam 24 Tahun Reformasi

  • 20 Mei 2022 18:04:21
  • Views: 17

TEMPO.CO, Jakarta - Senior Fellow Center for Strategic and International Studies atau CSIS Philips J. Vermonte mengatakan demokrasi di Indonesia sedang dalam keadaan rentan. Menurutnya, posisi demokrasi juga tidak berjalan mundur, namun dikatakan relatif lebih goyah.

“Jadi ada hal-hal di mana demokrasi kita berjalan tetapi itu mungkin relatif agak shaky, jadi bisa saja nanti tiba-tiba collapse atau tetap jalan terus walaupun jalan pelan. Jadi saya menyebutnya sebagai vulnerable, Rentan, katanya dalam diskusi virtual melalui kanal YouTube Public Virtue Research Institute, Jumat, 20 Mei 2022.

Phillips menuturkan, ada tiga hal yang menyebabkan kerentanan dan tidak terlepas dari masa lalu. Pertama, ada faktor institusional; kedua, faktor ekonomi; dan ketiga, faktor behavioral.

Faktor institusional, dia melihat dari jejak pelaksanaan pemilihan umum atau pemilu yang pernah digelar di Indonesia. Sistem pemilu proporsional, diterapkan sejak tahun 1955 yang saat itu sebagai pemilu pertama hingga sampai pada saat ini.

“Kenapa sistem ini yang diambil? Karena mungkin pertimbangannya adalah sistem pemilu proporsional itu relatif lebih kompatibel dengan masyarakat yang majemuk, ujar dia.

Namun Phillips menilai sistem tersebut banyak jebakannya, misalnya penerapan threshold di parlemen. Sebab dalam sistem proporsional memang semua kelompok dimungkinkan untuk direpresentasikan, dan apa yang terjadi sekarang memang lebih rumit mengelola hubungan politik antarkelompok masyarakat.

Pemilu saat ini relatif lebih baik...


https://nasional.tempo.co/read/1593496/peneliti-csis-sebut-demokrasi-saat-ini-sedang-rentan-dalam-24-tahun-reformasi

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1593496/peneliti-csis-sebut-demokrasi-saat-ini-sedang-rentan-dalam-24-tahun-reformasi
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, YouTube,
ngos CSIS,
institutions Universitas Trisakti,
parties Gelora,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,