Belum Vaksin Lengkap, Menko PMK RI: Tidak diberangkatkan Haji

  • 20 Mei 2022 17:15:38
  • Views: 7

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan pihaknya akan mempercepat vaksinasi bagi calon jamaah haji yang belum mendapatkan vaksin karena vaksinasi Covid-19 dosis lengkap menjadi salah satu syarat utama dari Arab Saudi untuk memberangkatkan Jamaah Calon Haji atau JCH Indonesia.

“Minimal calon jamaah sudah vaksin dosis lengkap (2 dosis), syukur-syukur booster sudah semua. Untuk yang belum divaksinasi dosis lengkap, ya batal, tidak diberangkatkan, sampai terdaftar sudah memiliki vaksinasi lengkap, ucap Menko Muhadjir, dikutip dalam keterangannya pada Jumat (20/5/2022).

Menko Muhadjir mengatakan pemerintah sudah menyiapkan berbagai skema keberangkatan haji. Skema itu termasuk protokol kesehatan penyelenggaraan haji pada masa pandemi Covid-19 seperti vaksinasi.

“Memang masih ada juga yang belum divaksin, ada kemungkinan karena registrasi itu sekitar 17 ribu jamaah dan itu yang akan kita tuntaskan bersama Menkes. Makanya kita kebut vaksinasi dalam beberapa hari untuk Jemaah Haji, katanya.

Menko Muhadjir menjelaskan, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), saat ini tercatat JCH Indonesia yang akan diberangkatkan pada tahun ini dan sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dengan dosis lengkap sekitar 76 persen.

Menko Muhadjir menerangkan, sejauh ini tercatat ada tiga syarat perjalanan haji yang udah ditentukan oleh Pemerintah Arab Saudi yang harus terpenuhi, yaitu syarat vaksinasi Covid-19 minimal vaksin lengkap, PCR 72 jam sebelum keberangkatan dan syarat maksimal umur di bawah 65 tahun.

“Kemarin sempat dibahas dengan Presiden, kalau nanti mereka harus

PCR itu apakah nanti disini atau di Arab Saudi, tinggal pelaksanaan teknisnya saja. Selebihnya sudah kita persiapkan, tandas Menko PMK RI Muhadjir terkait syarat Jemaah Calon Haji Indonesia yang akan melaksanakan ibadah haji mulai 4 Juni 2022 mendatang.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/410160/belum-vaksin-lengkap-menko-pmk-ri-tidak-diberangkatkan-haji

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/410160/belum-vaksin-lengkap-menko-pmk-ri-tidak-diberangkatkan-haji
Tokoh



Graph

Extracted

persons Muhadjir Effendy,
companies ADA, Google, Telegram,
ministries Kemenkes,
topics haji, Penyelenggaraan Haji, Protokol Kesehatan,
events Ibadah Haji, vaksinasi,
products PCR, vaksin,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,