Riset Lokal untuk Rujukan Pembuatan Regulasi Produk Tembakau Alternatif Masih Minim

  • 20 Mei 2022 17:06:50
  • Views: 13

Laporan Wartawan Tribunnews, Muhammad Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, mengatakan keberadaan regulasi bagi produk tembakau alternatif akan mendorong pertumbuhan industri sekaligus membuka lapangan kerja baru. 

Untuk itu, pemerintah diminta membuat regulasi produk tembakau alternatif yang terpisah dengan pengaturan berbeda dari rokok.

“Dengan sudah banyak beredarnya produk tembakau alternatif di pasaran, sudah saatnya produk-produk tersebut dibuatkan regulasinya tersendiri. Regulasi yang dibedakan dengan rokok akan merangsang UMKM untuk masuk ke dalam industri, disamping menyerap tenaga kerja, kata Trubus kepada wartawan, Jumat (20/5/2022).

Trubus mengatakan bahwa produk tembakau alternatif sudah banyak dikaji oleh berbagai negara. 

“Berdasarkan sejumlah hasil kajian di luar negeri, produk ini mampu mengurangi potensi risiko dibandingkan rokok. Saya juga pernah melakukan penelitian dan memang hasilnya lebih rendah risiko, ujarnya.

Baca juga: Regulasi Berbeda Diperlukan Demi Hindari Misinformasi Produk Tembakau Alternatif

Pada penelitian yang dipublikasikan Universitas Trisakti pada Januari 2021 lalu, hasilnya menunjukkan bahwa produk tembakau alternatif mulai digunakan sebagai upaya intervensi dari kebiasaan merokok. 

Sebanyak 30 persen responden menyatakan menggunakan produk ini dengan tujuan untuk mengurangi konsumsi rokok. 11 persen responden beralih karena alasan kesehatan dan 9 persen responden mengikuti anjuran ahli kesehatan.

Baca juga: Tingginya Tarif Cukai Produk Tembakau Disebut Berpotensi Rugikan Pemerintah

Dalam penelitian tersebut juga ditemukan hasil bahwa sebesar 80 persen responden menilai promosi produk tembakau alternatif sebagai upaya untuk berhenti merokok harus lebih dimasifkan.

Selain itu, 90 persen responden percaya bahwa produk tembakau aternatif seharusnya tersedia di pasaran sebagai pilihan alternatif bagi perokok.

Baca juga: Pemerintah Diminta Segera Duduk Bersama Pelaku IHT Membuat Road Map Industri Hasil Tembakau


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/20/riset-lokal-untuk-rujukan-pembuatan-regulasi-produk-tembakau-alternatif-masih-minim

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/20/riset-lokal-untuk-rujukan-pembuatan-regulasi-produk-tembakau-alternatif-masih-minim
Tokoh





Graph

Extracted

persons Muhammad, Trubus Rahadiansyah,
institutions Universitas Trisakti,
products UMKM,
places DKI Jakarta,
plants Tembakau,