Gubernur Lemhannas: Pemindahan IKN Perlu Disertai Perubahan Paradigma Pertahanan

  • 20 Mei 2022 16:50:53
  • Views: 10

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto menyebutkan, pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur perlu disertai perubahan paradigma pertahanan.

Selama ini, pertahanan Indonesia cenderung berfokus pada pertahanan berbasis darat dengan mengandalkan strategi pertahanan mendalam (in-depth defense), kata Andi Widjajanto seperti dilansir Antara.

Menurut Andi, paradigma itu dinilai tidak lagi optimal karena tidak sejalan dengan posisi geografis serta topografi IKN Nusantara.

Secara geografis, lanjut dia, Nusantara memiliki kerentanan tinggi terhadap ancaman eksternal, khususnya yang bersumber dari udara.

Oleh karenanya, kapasitas anti-access/area-denial (A2/AD) di sekitar IKN perlu diperkuat, ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Andi Widjajanto menjadi Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di Istana Negara hari ini, Senin (21/02/2022).


https://www.liputan6.com/news/read/4967217/gubernur-lemhannas-pemindahan-ikn-perlu-disertai-perubahan-paradigma-pertahanan

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4967217/gubernur-lemhannas-pemindahan-ikn-perlu-disertai-perubahan-paradigma-pertahanan
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Pratikno,
ministries Lemhannas,
fasums Istana Negara,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN TIMUR,