Jokowi Yakin Harga Minyak Goreng Bakal Turun Beberapa Hari Kedepan

  • 20 Mei 2022 16:47:23
  • Views: 8

AKURAT.CO, Presiden Joko Widodo meyakini harga minyak goreng curah bakal turun dalam beberapa waktu kedepan. Namun demikian memang hingga saat ini harga minyak goreng masih kunjung belum mencapai HET.

Walaupun memang ada beberapa daerah yang saya tahu harga minyak gorengnya masih relatif tinggi, tapi saya meyakini dalam beberapa minggu ke depan harga minyak goreng curah akan semakin terjangkau menuju harga yang kita tentukan karena ketersediaannya semakin melimpah, ujar Presiden Joko Widodo melalui keterangan video pada Kamis (19/5/2022).

Jokowi menjelaskan kebutuhan nasional untuk minyak goreng curah adalah sebesar kurang lebih 194 ribu ton per bulannya. Pada bulan Maret sebelum dilakukan pelarangan ekspor pasokan hanya mencapai 64.500 ton.

baca juga:

Namun, setelah dilakukan pelarangan ekspor pada April pasokan minyak goreng Indonesia mencapai 211 ribu ton per bulannya.

Jumlah tersebut telah melebihi kebutuhan nasional bulanan di Tanah Air.

Kemudian  terdapat penurunan harga rata-rata minyak goreng secara nasional. Pada April sebelum pelarangan ekspor, harga rata-rata nasional minyak goreng curah berkisar kurang lebih Rp 19.800.

Setelah adanya pelarangan ekspor harga rata-rata nasional turun menjadi Rp 17.200 sampai dengan Rp 17.600.

Menurut Jokowi,  meski ekspor dibuka, pemerintah akan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat untuk memastikan pasokan tetap terpenuhi dengan harga terjangkau.

Oleh karena itu berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga di industri sawit baik petani, pekerja dan juga tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada senin 23 Mei 2022, tukas Jokowi.[]


https://akurat.co/jokowi-meyakini-harga-minyak-goreng-bakal-turun-beberapa-hari-kedepan

Sumber: https://akurat.co/jokowi-meyakini-harga-minyak-goreng-bakal-turun-beberapa-hari-kedepan
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
companies ADA,
topics ekspor,
nations Indonesia,
musicclubs APRIL,