Polisi Ungkap Kerugian Pencurian Uang Nasabah Bank Bermodus Skimming yang Dilakukan WNA Latvia Mencapai Rp1,2 Miliar

  • 20 Mei 2022 16:47:59
  • Views: 13

Suara.com - Polda Metro Jaya menyebut total kerugian pencurian uang nasabah bank dengan modus skimming yang dilakukan oleh warga negara asing (WNA) asal Latvia berinisial RM (46) mencapai Rp1,2 miliar. Keuntungan tersebut diperoleh hanya dalam kurun waktu dua bulan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan tersangka RM telah beraksi sejak April hingga Mei 2022.

Dari hasil perhitungan penyidik dan hasil cek ke pihak bank yang dirugikan total kerugian semua Rp1,2 miliar, kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Kekinian, kata Zulpan, penyidik masih melakukan pengembangan terhadap kasus ini. Dia tak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain.

Baca Juga: Kerugian Akibat Skimming Bank Nagari Capai Rp1,5 Miliar, Polisi Turun Tangan

Karena dia bekerja juga ada perintah pimpinan yang membantu menyiapkan semuan termasuk pentrasferan uang, ungkapnya.

Ditangkap di Depok

Pelaku RM sebelumnya ditangkap Subdit Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya di Beji, Depok, Jawa Barat. Dia ditangkap atas kasus pencurian uang milik nasabah bank dengan modus skimming.

Pelaku telah kami amankan dan kini tengah menjalani pemeriksaan secara intensif, kata Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP, Handik Zusen kepada wartawan, Jumat (20/5/2022).

Menurut Handik, kasus ini berhasil terungkap atas adanya laporan dari masyarakat. Menindaklanjuti laporan tersebut penyidik selanjutnya melakukan penyelidikan.

Baca Juga: Heboh Rekening Ratusan Nasabah Dibobol, DPRD Sumbar Desak Bank Nagari Evaluasi

Berdasar hasil penyelidikan diketahui bahwa RM kerap berpindah-pindah tempat. Upaya ini dilakukan oleh pelaku guna menghindari pengejaran pihak kepolisian.

“Pelaku sempat beberapa kali berpindah pindah saat hendak ditangkap, pungkas Handik.


https://www.suara.com/news/2022/05/20/164048/polisi-ungkap-kerugian-pencurian-uang-nasabah-bank-bermodus-skimming-yang-dilakukan-wna-latvia-mencapai-rp12-miliar

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/05/20/164048/polisi-ungkap-kerugian-pencurian-uang-nasabah-bank-bermodus-skimming-yang-dilakukan-wna-latvia-mencapai-rp12-miliar
Tokoh



Graph

Extracted

persons Endra Zulpan,
companies ADA,
ministries DPRD, Polda Metro Jaya, Polisi,
nations Latvia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, RIAU, SUMATERA BARAT,
cities Depok,
cases pencurian, skimming,
musicclubs APRIL,