Massa Pendukung UAS Tutup Setengah Jalan Depan Kedubes Singapura, Lalin Lancar

  • 20 Mei 2022 16:49:21
  • Views: 11

JAKARTA - Massa pendukung Ustaz Abdul Somad (UAS) terus berdatangan ke depan Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura, di Jalan HR Rasuna Said. Mereka datang untuk menyuarakan tuntutannya terkait penolakan serta pengusiran UAS dari Singapura pada Senin, 16 Mei 2022.

Pantauan MNC Portal Indonesia di lapangan, ada sekira puluhan massa yang hadir di depan Kantor Kedubes Singapura. Mereka tampak menutup setengah Jalan HR Rasuna Said, tepatnya di depan Kedubes Singapura. Mereka berjejer dan membentangkan spanduk serta poster.

Sementara itu, jajaran kepolisian bersiaga di lokasi. Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) juga tampak mengatur arus lalu lintas (lintas). Belum tampak ada kepadatan kendaraan di lokasi. Arus lalin di Jalan HR Rasuna Said arah Menteng tampak lancar.

Baca juga: Dituding Ekstremis dan Ditolak Singapura, Warga Pekanbaru Demo Bela UAS Hari Ini

Dari siaran pers yang diterima MNC Portal Indonesia, aliansi Perisai mengecam sikap pemerintah Singapura yang menolak Ustaz Abdul Somad masuk ke negara mereka. Terlebih, pemerintah Singapura memberi label UAS sebagai penceramah yang menyebarkan ekstremisme.

Apabila dalam tempo 2x24 jam Pemerintah Singapura belum meminta maaf, maka Pemerintah RI harus meninjau ulang hubungan Diplomatik RI-Singapura, tulis keterangan resmi Perisai, Jumat (20/5/2022).

Sekadar informasi, Ustaz Abdul Somad (UAS) dan rombongannya sebanyak enam orang dilarang masuk ke Singapura pada Senin, 16 Mei 2022. Bahkan, UAS dikabarkan sempat ditahan oleh otoritas keimigrasian Singapura sebelum pada akhirnya diminta kembali ke Indonesia.

Baca juga: Ditolak Singapura, UAS Blakblakan soal Dakwah yang Disiarkannya

Mulanya, UAS beserta keluarga dan sahabatnya berangkat dari pelabuhan Batam menuju Singapura pada Senin, 16 Mei 2022 sekira pukul 12.50 WIB. UAS beserta rombongan berangkat ke Singapura menggunakan Kapal MV Brilliance of Majestic.

Setiba di Singapura, Immigration and Checkpoints Authority (ICA) atau otoritas imigrasi dan pemeriksaan Singapura menolak masuk (denied entry) UAS dan enam orang lainnya. Mereka ditolak masuk dengan alasan tidak memenuhi syarat untuk berkunjung ke Singapura.

Kemudian, UAS beserta enam orang lainnya langsung kembali ke Indonesia. UAS dilaporkan kembali di TPI Batam Center pada pukul 18.10 WIB. Petugas Imigrasi Batam kemudian melakukan pemeriksaan terhadap UAS dan enam orang lainnya itu.

Pemerintah Singapura dalam keterangan resminya menjelaskan alasan pihaknya menolak UAS. Salah satunya, karena isi ceramah UAS dianggap ekstrem. Pemerintah Singapura takut UAS menyebarkan paham yang tidak sesuai ke warganya.

Baca juga: UAS Ditolak Masuk Singapura, Mahfud MD: Secara Diplomatik Kita Jernihkan Masalah Ini


https://megapolitan.okezone.com/read/2022/05/20/338/2597468/massa-pendukung-uas-tutup-setengah-jalan-depan-kedubes-singapura-lalin-lancar?page=1

Sumber: https://megapolitan.okezone.com/read/2022/05/20/338/2597468/massa-pendukung-uas-tutup-setengah-jalan-depan-kedubes-singapura-lalin-lancar?page=1
Tokoh





Graph

Extracted

persons Mahfud MD, Ustaz Abdul Somad,
companies ADA, MNC,
ministries Polisi,
nations Indonesia, Singapura,
places DKI Jakarta, KEPULAUAN RIAU, SULAWESI UTARA,
cities Menteng, Pekanbaru,