Ungkap Pola Kejahatan Pemerintah ke Warga Wadas, Asfinawati: Terduga Teroris Saja Tak Dimatikan Listriknya

  • 20 Mei 2022 15:49:24
  • Views: 10

Suara.com - Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Asfinawati mengungkap sejumlah pola kejahatan yang dilakukan pemerintah dan aparat Polri-TNI dalam kasus konflik agraria yang menimpa warga Desa Wadas, Jawa Tengah. 

Kenapa saya sebut pola, karena ini bukan hanya menimpa warga wadas saja,'  kata Asfinawati dalam  diskusi bertajuk 'Kekerasan Belum Berhenti,' Jumat (20/5/2022). 

Pertama kata dia, pengukuran secara sepihak yang disertai dengan kekerasan terhadap warga Wadas. 

Pemasangan (patok) dengan kekerasan, atau pengukuran tanah warga dengan kekerasan itu ada kasusnya di Orde Baru, kata dia. 

Baca Juga: Soroti Konflik Agraria di Wadas, Asfinawati: Polisi Bukan Alat Politik Ganjar atau Jokowi

Kedua, pengerahan ratusan aparat kepolisian dan TNI dengan senjata lengkap. 

Pertanyaannya, ada kejahatan apa di wadas? Apakah polisi kalau mencari pencuri atau perampok mengerahkan ratusan orang seperti  itu? Tidak. Kalau untuk kejahatan saja tidak, mengapa dengan warga Wadas, ujarnya mempertanyakan. 

Kemudian,  penangkapan sewenang-wenang oleh kepolisian, meskipun belakangan puluhan warga Wadas dilepaskan, karena desakan sejumlah pihak. 

Warga
Warga yang sempat ditahan polisi bertemu ibunta usai tiba di halaman masjid Desa Wadas, Bener, Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (9/2/2022). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Namun orang bisa ditangkap kalau memiliki dua alat bukti. Begitu dilepaskan artinya mereka tidak melakukan apapun. Dan mereka ditangkap tanpa dua alat bukti yang cukup, kata Asfinawati.

Pertanyaan mereka melakukan kejahatan apa? Kalau sedang berdoa atau sedang mempertahankan tanah mereka, jadi itu penangkapan sewenang-wenang, sambungnya. 

Baca Juga: Posting Foto Sedang Berwudhu di Samping Surau Kecil, Cuitan Ganjar Pranowo Banjir Komentar Netizen

Lalu, adanya pemadaman listrik dan pemutusan jaringan komunikasi, sehingga semakin membuat situasi di Wadas  mencekam saat konflik terjadi.  


https://www.suara.com/news/2022/05/20/150834/ungkap-pola-kejahatan-pemerintah-ke-warga-wadas-asfinawati-terduga-teroris-saja-tak-dimatikan-listriknya

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/05/20/150834/ungkap-pola-kejahatan-pemerintah-ke-warga-wadas-asfinawati-terduga-teroris-saja-tak-dimatikan-listriknya
Tokoh







Graph

Extracted

persons Asfinawati, Ganjar Pranowo, joko widodo,
companies ADA,
ministries Polisi, TNI,
ngos YLBHI,
topics Banjir, Listrik, Orde Baru,
events Rezim Orde Baru,
places JAWA TENGAH,
cities Purworejo,
cases HAM, Teroris,