Sudah Kembali ke Jakarta, Anies Lepas Ekspor 19 Ton Beras ke Saudi

  • 20 Mei 2022 15:23:58
  • Views: 10

Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin kegiatan pelepasan ekspor kontainer yang mengangkut 19 ton beras menuju Riyadh, Arab Saudi. Kegiatan itu berkaitan dengan kerja sama perdagangan komoditi ekspor antara PT Food Station dengan PT AL Raqeeb Universal Group.

Pelepasan ekspor beras itu dilakukan di gudang BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya, Komplek Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (20/5/2022). Anies mengatakan kegiatan ekspor ke Arab Saudi baru pertama kali dilakukan.

Ini adalah peristiwa bersejarah karena untuk pertama kalinya kita mengekspor beras ke Saudi Arabia. Tuntutan kualitas yang tinggi mengharuskan kerja keras, persiapan yang panjang. Insyaallah ini akan diikuti dengan lebih banyak lagi ekspor dari kita untuk berbagai belahan dunia, kata Anies dalam keterangan tertulisnya, hari ini.

Dia menyebut Indonesia merupakan penghasil pangan yang melimpah. Oleh karena itu, kata Anies, pangan-pangan tersebut harus dikelola dengan baik agar dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan domestik, maupun pasar internasional.

Indonesia adalah salah satu tempat di mana produksi hasil pangan luar biasa melimpah. Kita harus kelola dengan baik sehingga ini menjadi berkah, sehingga memberikan manfaat domestik dan bisa meningkatkan kesejahteraan domestik dengan memanfaatkan pasar internasional, ucapnya.

Pelepasan ekspor beras perdana ini menjadi momentum Pemprov DKI Jakarta melalui PT Food Station Tjipinang Jaya untuk mengembangkan usahanya di pasar pangan internasional, khususnya wilayah Arab Saudi dan Timur Tengah, tambahnya.

Seperti diketahui, Anies melakukan kunjungan kerja selama delapan hari ke beberapa negara di Eropa sejak Selasa (10/5) lalu. Dalam kunkernya itu, Anies menindaklanjuti kerja sama di bidang transportasi dengan Inggris, Jerman, dan Prancis. Anies juga membahas perencanaan pembangunan fase 3 dan fase 4 MRT Jakarta.

Anies juga sempat bertemu dengan sejumlah mahasiswa doktoral di United Kingdom, London. Pertemuannya itu dilakukan dalam diskusi 'Jakarta Post-Pandemic: Smart Technology and Urban Life'.

(fas/idn)

https://news.detik.com/berita/d-6087008/sudah-kembali-ke-jakarta-anies-lepas-ekspor-19-ton-beras-ke-saudi

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6087008/sudah-kembali-ke-jakarta-anies-lepas-ekspor-19-ton-beras-ke-saudi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Anies Baswedan,
companies PT MRT Jakarta,
ministries Pemprov DKI Jakarta,
bumns BUMD,
topics ekspor,
products Beras, MRT,
nations Arab Saudi, Indonesia, Inggris, Jerman, Prancis,
places DKI Jakarta,
cities Cipinang, London, Riyadh,