PPSDM Migas Gelar FGD Bahas Pengembangan SDM Migas di Kukar

  • 20 Mei 2022 15:24:11
  • Views: 13

Jakarta -

PPSDM Migas menyelenggarakan kegiatan focus Group discussion (FGD) membahas terkait kebutuhan dan kualifikasi sumber daya manusia yang kompeten di sub sektor migas di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Acara ini digelar bekerja sama dengan SKK Migas dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Koordinator Program, Perencanaan Standarisasi dan Kerja Sama PPSDM Migas Agus Alexandri mengungkapkan paradigma baru dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia pada prinsipnya bertumpu pada tiga pilar utama, yaitu standar kompetensi, pelatihan berbasis kompetensi, dan sertifikasi kompetensi.

PPSDM Migas memiliki cita-cita agar dapat hadir lebih dekat dan nyata dalam upaya peningkatan kompetensi dan skill masyarakat secara luas bertekad untuk memberikan kemudahan bagi anak bangsa di mana pun berada untuk dapat meningkatkan kompetensinya melalui kemudahan-kemudahan sehingga ke depan tak ada lagi proses yang sulit, sistem yang rumit, dan hambatan fasilitas yang dimiliki, jelas Agus dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (20/5/2022).

Dalam sambutannya, Kepala SKK Migas Perwakilan Wilayah Kalimantan - Sulawesi Azhari Idris mengungkapkan Kalimantan Timur, terutama Kutai Kartanegara adalah penghasil terbesar migas di Indonesia setelah Bojonegoro dan Pekanbaru. Azhari menuturkan Kukar saat ini mempunyai perusahaan besar yang beroperasi di sana seperti Pertamina Hulu Mahakam, Pertamina Hulu Kalimantan Timur, Pertamina Hulu Sanga-Sanga, dan Pertamina EP. Selain itu, ada pula kegiatan bersama ENI Muara Bakau.

Azhari menyebut perusahan-perusahan tersebut telah beroperasi lebih dari 50 tahun untuk beberapa lokasi, bahkan Sanga-Sanga beroperasi sebelum Indonesia Merdeka. Namun, kontribusi SDM dari Kabupaten Kutai Kartanegara di industri hulu migas yang ada di wilayahnya maupun di Kalimantan Timur itu masih minim.

Ke depannya mereka agar dapat bersaing jika ada pekerjaan di Cepu atau Sumatera atau di pulau Jawa lainnya dan kelihatannya agak sulit kalau hanya memegang ijazah S1 atau D3 atau ijazah SMA kemudian harus bersaing di industri hulu. Oleh karena itu, pak Bupati mempunyai niat yang sangat mulia untuk melihat bagaimana kalau kita mencoba melihat peluang untuk menitipkan putra-putri kita untuk bisa masuk di industri hulu migas atau industri lain yang berhubungan dengan industri ini apakah hilir, LNG atau yang berhubungan dengan Petrokimia dan sebagainya, papar Azhari.

Sementara itu, Bupati Kutai Kartanegara Adi Damansyah berharap masyarakat Kutai Kartanegara bisa mendapatkan pendidikan dan pelatihan sektor migas agar nantinya dapat menjadi ahli di industri tersebut.

Yang terlintas di pikiran kami saat melintas di pintu gerbang PPSDM Migas ini nanti akan ada kelas untuk putra-putri kami di PPSDM Migas, itu saja. Bagaimana caranya besok yang menentukan. Jadi memang harapan masyarakat Kukar salah satunya bagaimana pemerintah khususnya pemerintah kabupaten Kukar menyediakan program lapangan kerja karena kami telah menetapkan bahwa tahun 2021 adalah tahun pengembangan SDM baik itu melalui pendidikan formal maupun melalui pendidikan pelatihan itu sudah masuk ke dalam rencana strategis kebijakan pemerintah kabupaten Kukar, tutur Adi.

Adapun kegiatan FGD ini ditutup dengan tour ke beberapa fasilitas PPSDM Migas seperti laboratorium pengeboran, laboratorium basic sea survival, dan bengkel las yang disertai dengan diskusi mengenai program pelatihan di sub sektor migas untuk Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

(ega/ega)

https://news.detik.com/berita/d-6086999/ppsdm-migas-gelar-fgd-bahas-pengembangan-sdm-migas-di-kukar

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6086999/ppsdm-migas-gelar-fgd-bahas-pengembangan-sdm-migas-di-kukar
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries SKK Migas,
bumns PT Pertamina,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR, KALIMANTAN TIMUR, SULAWESI UTARA,
cities Bojonegoro, Pekanbaru,