Ini Waktu yang Dibutuhkan Ketika Bayar Tol Tanpa Sentuh

  • 20 Mei 2022 15:07:07
  • Views: 14

IDXChannel - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian PUPR, sedang mempersiapkan sistem pembayaran tol tanpa sentih atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Dengan menggunakan teknologi ini pengguna jalan dapat melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money.

Keuntungan paling utama, menurut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), sistem tanpa sentuh menggunakan teknologi ini membuat durasi transaksi pada gerbang tol turun menjadi nol detik.

Saat menggunakan kartu, transaksi memakan waktu sekitar 4 detik dan memakan waktu 10 detik saat pembayaran tunai.

Dengan begitu, pola transaksi akan menjadi singkat, tidak akan ada lagi antrean karena tidak harus menempelkan kartu di gerbang tol sehingga menjadi lebih efisien dan mempersingkat waktu tempuh.

Selain itu, pembayaran tol tanpa kartu juga mengurangi konsumsi bahan bakar, karena pengendara tidak perlu sering menginjak rem untuk berhenti di gerbang tol.

Sistem baru ini berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS) yang akan mengenali dan menentukan posisi kendaraan ketika memasuki jalan tol.

Kepala Subbidang Operasi dan Pemeliharaan I BPJT, Galuh Permana Waluyo menjelaskan, tol tanpa sentuh akan dirilis pada Juli 2022 dalam konsep Single Lane Free Flow (SLFF) di gerbang tol yang sudah ada, terutama di kawasan Jabodetabek. Kemudian selanjutnya menerapkan Multi Lane Free Flow (MLFF) pada Desember 2022. (RAMA)


https://www.idxchannel.com/economics/ini-waktu-yang-dibutuhkan-ketika-bayar-tol-tanpa-sentuh

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/ini-waktu-yang-dibutuhkan-ketika-bayar-tol-tanpa-sentuh
Tokoh

Graph