Tim Dayung Indonesia Tambah Emas SEA Games Vietnam dari Kano

  • 20 Mei 2022 15:04:55
  • Views: 14

TEMPO.CO, Jakarta - Tim dayung Indonesia menambah dua medali emas dan dua perak dari nomor kano atau kayak di SEA Games Vietnam 2021 berkat kemenangan dalam perlombaan final jarak 500m di Hai Phong Rowing and Canoeing Training Center, Jumat.

Medali emas pertama dipersembahkan oleh kuartet Anwar Tarra, Yuda Firmansyah, Sofianto, dan Dedi Saputra dari nomor 500 meter kano empat putra. Sofianto dan kawan-kawan finis pertama setelah mencatatkan waktu 1 menit 40 detik. Mereka unggul tipis dari tim Thailand yang berada di posisi kedua (1:41) dan Myanmar di urutan ketiga (1:42).

Kemenangan tersebut kemudian diikuti pasangan Raudani Fitra/Stevany Maysche Ibo yang mencatatkan waktu tercepat pada nomor 500m kayak dua putri. Mereka mendahului Vietnam dan Thailand yang masing-masing finis di urutan kedua dan ketiga.

Sementara itu, dua medali perak hari ini diraih oleh duet Nurmeni dan Dayumin yang turun di nomor 500m kano dua putri dan Riska Andriyani di nomor 500m kano perseorangan putri.

Sejauh ini, tim kano Indonesia baru mengumpulkan satu emas, lima perak dan tiga perunggu dari nomor kano/kayak. Namun tim dayung Indonesia masih berpeluang menambah kepingan emas dari lima nomor perlombaan di hari terakhir pertandingan kano/kayak SEA Games Vietnam pada Sabtu besok.

Sebelumnya, emas juga diperoleh atlet angkat besi Eko Yuli Irawan melanjutkan dominasinya dalam persaingan di Asia Tenggara di kelas 61 Kg putra di SEA Games Vietnam. Ia meraih medali emas saat tampil di Hanoi Sports Training and Competition Center, Jumat, 20 Mei 2022.

Peraih perak Olimpiade Tokyo 2020 itu memastikan emas keenam SEA Games berturut-turut setelah mencatatkan total angkatan 290 Kg, dengan rincian angkatan snatch 135 Kg dan clean and jerk 155 Kg.

Alhamdulillah bisa menyumbang emas lagi untuk Indonesia. Kapan pun dibutuhkan saya selalu siap membela Indonesia, kata Eko. 

Dari klasemen perolehan medali SEA Games pada Jumat siang, 20 Mei 2022, Indonesia ada di peringkat keempat di bawah Vietnam, Thailand, dan Singapura. Indonesia meraih 44 emas 64 perak, dan 59 perunggu.

Baca: Perolehan Medali SEA Games Jumat Pagi 20 Mei: 42 Emas, Indonesia Urutan 4


https://sport.tempo.co/read/1593441/tim-dayung-indonesia-tambah-emas-sea-games-vietnam-dari-kano

Sumber: https://sport.tempo.co/read/1593441/tim-dayung-indonesia-tambah-emas-sea-games-vietnam-dari-kano
Tokoh



Graph

Extracted

persons Eko Yuli Irawan,
companies ADA,
events Olimpiade, Olimpiade Tokyo 2020, SEA Games,
products emas,
nations Indonesia, Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam,
places DKI Jakarta,
cities Hanoi, Tokyo,