Program Pinky Movement Dinilai Bisa Jamin Ketersediaan Pasokan LPG Bagi UMKM

  • 20 Mei 2022 15:07:53
  • Views: 19

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Program Pinky Movement yang dilakukan PT Pertamina (Persero) dinilai mampu menjamin keamanan dan ketersediaan pasokan Liquified Petroleum Gas (LPG) di masyarakat khususnya UMKM.

Jumlah pembelian gas yang tanpa dibatasi turut menyebabkan bisnis Mitra Binaan penggunaan LPG nonsubsidi tidak terkendala sehingga pendapatannya meningkat.

“Saya ikut program Pinky Movement karena melihat suplai LPG yang mudah dan ada di mana-mana sehingga konsumen mudah mendapatkannya tanpa antre seperti gas bersubsidi. Kami juga bisa menyetok lebih dari satu. Selain itu, gas LPG terasa lebih awet dan tahan lama dibandingkan gas LPG bersubsidi, tutur Umar Fahrur Roji, pemilik Safira Studio/IB Ikdar yang berlokasi di Serang, Banten.

Baca juga: Pemerintah Diminta Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok Sebelum Naikkan Tarif Listrik Hingga LPG

Umar mengikuti program Pinky Movement sejak awal Maret 2022. Ia memiliki jenis usaha industri sepatu dan general konstruksi untuk renovasi rumah dan bangunan baru. Selama pandemi, program dari Pertamina ini sangat membantu untuk pengembangan usaha sehingga pendapatannya terkerek.

“Omzet per bulan kami di angka Rp 30 juta-Rp 60 juta.  Sebelum ikut Pinky Movement omset kotor sekitar Rp 10 juta-Rp 15 juta per bulan, jelasnya.

Pertamina memperkenalkan program Pinky Movement sejak 2020. Program ini merupakan sebuah program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan sebagai upaya perluasan jaringan distribusi resmi produk LPG Non-Public Service Obligation (NPSO) atau nonsubsidi melalui pembiayaan dan pembinaan usaha dalam rangka mendukung dan memastikan penggunaan LPG yang tepat sasaran.

Pada awal 2022, Pertamina memperkuat program ini dengan meluncurkan “New Pinky Movement. Program ini sejak pertengahan Maret sudah memasuki fase pembinaan program.

“Para Mitra Binaan diberikan kesempatan mengikuti pelatihan product knowledge Bright Gas, pelatihan tentang layanan home service produk retail Pertamina (PDS/MyPertamina/dan lain-lain), pelatihan digitalisasi pembukuan atau arus kas, serta pelatihan e-commerce/modern digital marketing, tutur VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, Jumat (20/5/2022).

Baca juga: Kementerian ESDM Minta Pemda Ikut Awasi Penggunaan LPG 3 Kg

Sejak program ini dijalankan sampai dengan tahun 2021, Pinky Movement telah menyasar 293 outlet dan 544 usaha kecil pengguna LPG subsidi dengan total penyaluran mencapai lebih Rp 54,2 miliar.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/20/program-pinky-movement-dinilai-bisa-jamin-ketersediaan-pasokan-lpg-bagi-umkm

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/20/program-pinky-movement-dinilai-bisa-jamin-ketersediaan-pasokan-lpg-bagi-umkm
Tokoh



Graph

Extracted

persons Fajriyah Usman,
companies ADA,
ministries Kementerian ESDM,
bumns PT Pertamina,
topics e-commerce, Listrik,
products UMKM,
places BANTEN,
cities Serang,