Bela Ustaz Abdul Somad, Massa Perisai Gelar Aksi di Depan Gedung Kedubes Singapura

  • 20 Mei 2022 14:47:44
  • Views: 13

Suara.com - Kedutaan Besar Singapura yang berada di Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan sudah didatangi massa aksi dari Pertahanan Ideologi Serekat Islam (Perisai), Jumat (20/5/2022) siang.

Massa dari kelompok Perisai menggelar aksi unjuk rasa terkait peristiwa penolakan Singapura terhadap Ustaz Abdul Somad alias UAS.

Pantauan di lokasi pukul 14.00 WIB, puluhan massa kelompok Perisai sudah memadati lokasi aksi. Sedianya, aksi ini berlangsung pukul 13.00 WIB, namun karena hujan baru reda aksi belum dimulai.

Massa yang datang juga beragam. Ada yang mengenakan atribut keagamaan seperti peci ataupun jilbab. Hingga sekitar pukul 14.20 WIB, aksi tersebut belum dimulai.

Baca Juga: Wamendag Zainut Tauhid Sebut UAS Ditolak Masuk Sigapura Bukan karena Intervensi Jakarta

Di samping itu, petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) nampak sudah bersiaga di depan gedung Kedutaan Besar Singapura.

Dari siaran pers yang diterima Suara.com di lokasi aksi, massa Perisai mengecam sikap pemerintah Singapura yang menolak Ustaz Abdul Somad masuk ke negara mereka. Terlebih, pemerintah Singapura memberi lebel UAS sebagai penceramah yang menyebarkan ekstremisme dan segragasi.

Kedutaan
Kedutaan Besar Singapura yang berada di Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. (Suara.com/Yosea Arga)

Apabila dalam tempo 2x24 jam Pemerintah Singapura belum meminta maaf, maka Pemerintah RI harus meninjau ulang hubungan Diplomatik RI-Singapura, tulis keterangan resmi PERISAI.

Pengamanan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan membenarkan adanya rencana aksi demonstrasi tersebut. Koordinator aksi pun menurutnya telah memberikan surat pemberitahuan kepada pihak kepolisian.

Baca Juga: Ungkit Prabowo dan Gatot Ditolak AS, Wamenag soal Kasus UAS: Tak Perlu Emosi, Apalagi Dikaitkan Pesanan Jakarta

Mereka menyampaikan perkiraan massa 50. Kita (pihak kepolisian) lihat juga dari pemberitahuan itu kita sesuaikan (kekuatan personel pengamanannya), kata Zulpan kepada wartawan, Jumat (20/5/2022).

Kabar deportasi ini sebelumnya disampaikan oleh UAS lewat kanal YouTube Hai Guys Official yang diunggah pada Selasa (17/5/2022).

Pada video berdurasi 13 menit 32 detik tersebut dijelaskan, UAS tiba di Bandara Hang Nadim Batam pada Senin (16/5/2022) pukul 10.10 WIB.

Perjalanan UAS dilanjutkan melalui laut dengan menyebreang menggunakan Kapal Ferry menuju Singapura. UAS dan rombongan tiba di Pelabuhan Tanah Merah Singapura pada pukul 13.30 WIB.

Saat Ustadzah Fatimah, Istri UAS dan keluarga berserta rombongan lainnya telah selesai proses imigrasi, UAS masih tertahan oleh pihak Imigrasi Singapura.

Hingga pukul 18.10 waktu Singapura, UAS dan rombongan meninggalkan Pelabuhan Tanah Merah untuk kembali ke Batam dengan menggunakan Kapal Ferry.

Sejatinya kami akan pulang besok tanggal 17 Mei meninggalkan Singapura. Tapi, kami semuanya dideportasi, tutur UAS di dalam video tersebut.


https://www.suara.com/news/2022/05/20/144227/bela-ustaz-abdul-somad-massa-perisai-gelar-aksi-di-depan-gedung-kedubes-singapura

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/05/20/144227/bela-ustaz-abdul-somad-massa-perisai-gelar-aksi-di-depan-gedung-kedubes-singapura
Tokoh







Graph

Extracted

persons Endra Zulpan, Prabowo, Ustaz Abdul Somad,
companies ADA, YouTube,
ministries Polda Metro Jaya, Polisi,
religions Islam,
nations Singapura,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, KEPULAUAN RIAU,