Dituding Hoaks soal Laporan PLTU di Sumsel, Begini Respons ICW

  • 20 Mei 2022 14:49:29
  • Views: 13

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) merespons tudingan hoaks yang dilontarkan pihak yang mengklaim sebagai Deputy Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Sumatera Selatan Feri Kurniawan. Tudingan hoaks berkaitan dengan laporan ICW berjudul 'Siapa di Balik Proyek Pembangkit Listrik?'.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mempertanyakan pihak menyebut laporan tersebut hoaks.

Siapa yang bilang hoaks? MAKI Sumsel? Maksudnya Masyarakat Anti-Korupsi? tanya Kurnia Ramadhana saat dikonfirmasi, Jumat (20/5/2022).

Kurnia mempersilakan pihak yang meragukan laporan dan temuan ICW itu agar menghubungi salah satu tim penyusun laporan, yakni peneliti ICW lainnya, Egi Primayogha.

Untuk isu tersebut silakan ke Mas Egi. Beliau yang advokasi, kata Kurnia.

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menegaskan, MAKI Sumsel yang menyebut laporan ICW tak berdasar itu bukan bagian dari pihaknya.

Bukan bagian atau bukan cabang MAKI. Itu pihak lain, kata Boyamin.

Diketahui, sebelumnya dalam laporan tersebut ICW menyebut adanya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU Sumsel I yang dinilai menyebabkan banyak masyarakat sekitar terkena ISPA (infeksi saluran pernapasan akut).

Asap pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) memang mematikan. Ia mengandung sejumlah senyawa beracun yang dapat menimbulkan penyakit. Penyakit asma, infeksi pernapasan akut, dan kanker paru-paru adalah sejumlah di antaranya, senyawa itu mengancam nyawa warga, tulis ICW dalam laporannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

PLTU ini mampu menambah pasokan listrik di Jawa dan Bali dengan estimasi 682 ribu sambungan baru.


https://www.liputan6.com/news/read/4967082/dituding-hoaks-soal-laporan-pltu-di-sumsel-begini-respons-icw

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4967082/dituding-hoaks-soal-laporan-pltu-di-sumsel-begini-respons-icw
Tokoh







Graph

Extracted

persons Boyamin Saiman, Egi Primayogha, Kurnia Ramadhana,
companies WhatsApp,
ngos ICW, MAKI,
topics Listrik,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, SUMATERA SELATAN,
cases korupsi,