Gubernur: Sumut Nomor Satu Covid-19 Terendah

  • 20 Mei 2022 14:43:56
  • Views: 9

KBRN, Medan: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menegaskan, saat ini temuan kasus terkonfirmasi Covid-19 di provinsinya terendah dibanding 34 Provinsi di Indonesia, dalam kurun tiga bulan terakhir.

Edy mengatakan, berdasarkan data harian dari Tim Satgas Covid-19 Sumut, saat ini hanya ditemukan 6 kasus baru.

“Hari ini Sumut nomor satu yang terbaik dari 34 provinsi. Hari ini hanya 6 (kasus). Kita berada di paling banyak dalam tiga bulan ini adalah 6. Biasanya satu dan dua. Semakin disiplinnya kita, semakin tertanganilah virus Covid -19 ini, ucap Edy, ditulis Jumat (20/5/2022).

Namun, ditekankannya, penurunan angka kasus harian terkonfirmasi Covid-19, tidak membuat pemerintah Sumut melonggarkan aturan penerapan protokol kesehatan. Pihaknya bersama unsur TNI/Polri dan Kejati Sumut terus gencar mengupayakan percepatan vaksinasi guna mencapai kekebalan kelompok.

“Tetap Covid -19 belum selesai. Tetap kita harus waspadai. Kapolda dan Panglima Kodam terus gencar untuk melakukan vaksinasi karena itulah rasa kehadiran pemerintah menyayangi anaknya. Kalau ada yang teledor dengan divaksin jadi tidak ada persoalan, kata Edy.

Letih lanjut, Edy menyatakan dukungannya atas langkah Presiden Joko Widodo yang melonggarkan penggunaan masker di sejumlah lokasi umum, khususnya di tempat terbuka.

Kebijakan ini dinilainya sangat tepat, guna memulihkan sektor perekonomian nasional yang dalam dua tahun terakhir terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Boleh buka masker dalam kondisi yang memang kita yakini tempat itu aman dan terbuka dan jumlah orang tidak terlalu banyak. Kalau disitu udah banyak keluarga, ktia susah emndetejksi. Tapi kalau kita berhubungan kekeluargaan kita buka. Presiden menyatakan ini dalam rangka perekonomian kita harus terus tumbuh. Kalau di kekang seperti ini komunikasi susah, dan rasa takut. Ekonomi kita sulit utuk pulih kembali sedia kala, ujar Edy.

Data kasus harian Tim Satgas Covid-19 Sumut, pada Rabu 18 Mei 2022, terkonfirmasi 7 kasus harian ditemukan, sehinggga kasus aktif menjadi 118 kasus.

Adapun untuk capaian vaksinasi dosis 1 telah mencapai 95.30 persen dan dosis dua  mencapai 80.85 persen serta dosis booster 19.19 persen.

Saat ini, Sumut juga masih berada pada level 1 dengan rincian 21 Kabupaten/kota dalam kategori level 1 dan 12 kabupaten/kota masuk level 2.

Perlu diketahui, berdasarkan data dari Satgas Covid-19 nasional pada pada Rabu 18 Mei 2022, DKI Jakarta tercatat punya kasus aktif positif tertinggi dengan 113 orang, bertambah 74 orang.

Jawa Barat di urutan kedua dengan 42 orang. Jawa Timur 36 orang, sedangkan keempat Jawa Tengah dengan 32 orang.


https://rri.co.id/daerah/1461176/gubernur-sumut-nomor-satu-covid-19-terendah?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/daerah/1461176/gubernur-sumut-nomor-satu-covid-19-terendah?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh





Graph

Extracted

persons Edy Rahmayadi, joko widodo,
companies ADA,
ministries TNI,
topics Protokol Kesehatan,
events vaksinasi,
products masker,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, JAWA TIMUR, Sumatera Utara,
cases covid-19,