Catat, Ini Sumber-sumber Uang Dingin untuk Investasi  

  • 20 Mei 2022 14:07:46
  • Views: 18

IDXChannel – Sumber-sumber uang dingin untuk investasi bisa berasal dari uang yang tidak Anda gunakan atau uang yang sedang menganggur. Pasalnya, dalam sebuah investasi, Anda tidak akan selalu mendapat keuntungan. Ada kalanya Anda akan menghadapi kerugian yang bisa saja mengurangi modal yang Anda tanam.

Oleh karena itu, untuk berinvestasi, Anda perlu menggunakan uang dingin agar risiko investasi tersebut tidak berdampak buruk bagi kondisi finansial sehari-hari. IDXChannel merangkum sumber-sumber uang dingin untuk investasi sebagai berikut. 

Sumber-sumber Uang Dingin untuk Investasi

Uang dingin merupakan uang menganggur yang tidak digunakan untuk kebutuhan dalam waktu dekat. Uang dingin ini juga bisa disebut sebagai uang yang bisa digunakan tanpa khawatir seandainya ada hal mendadak yang membutuhkan pembiayaan. Karena sifatnya yang tidak terlalu berpengaruh terhadap kondisi finansial Anda, maka uang ini bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi. 

Menurut financial planner Prita Ghozie, perencanaan keuangan sebaiknya dipisahkan berdasarkan kebutuhan harian (living), kebutuhan masa depan (saving), dan hiburan (playing). Selain itu, Anda juga perlu menetapkan pos untuk dana darurat yakni dana yang bisa digunakan untuk kebutuhan mendadak atau ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

Sedangkan untuk investasi, dana yang digunakan sebaiknya berasal dari uang dingin yang bisa digunakan kapan saja setelah semua pos-pos di atas telah terpenuhi. Adapun sumber-sumber uang dingin untuk investasi bisa berasal dari sumber sebagai berikut. 

1. Sisa Gaji

Uang dingin yang bisa Anda investasikan bisa berasal dari sisa gaji setelah dikurangi pos-pos kebutuhan seperti living, saving, playing. Untuk memudahkan Anda memulai investasi dan mengatur keuangan. Pembagiannya bisa dilakukan dengan cara 50 persen untuk kebutuhan harian (makan, minum, transportasi, listrik), 20 persen untuk hiburan, dan 30 persen untuk investasi.  


https://www.idxchannel.com/milenomic/catat-ini-sumber-sumber-uang-dingin-untuk-investasi

Sumber: https://www.idxchannel.com/milenomic/catat-ini-sumber-sumber-uang-dingin-untuk-investasi
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Dana, MNC,
topics Listrik,