Penyebab Flu Singapura dan Penularannya

  • 20 Mei 2022 13:57:18
  • Views: 4

KOMPAS.com - Penyakit tangan kaki mulut atau sering dikenal dengan istilah flu singapura adalah salah satu masalah kesehatan yang rawan menyerang anak dan bayi.

Seperti penyakit flu lainnya, gejala flu singapura biasanya diawali dengan demam, tidak enak badan, lemas, sakit tenggorokan, dan tidak nafsu makan.

Selang satu atau dua hari setelah demam, penderita bakal mendapati ruam dan bintik-bintik kecil seperti luka melepuh berisi cairan di telapak kaki, tangan, mulut, dan bagian dalam mulut.

Baca juga: Kenali Apa itu Flu Singapura, Ciri-ciri, dan Penyebabnya

Penyakit menular ini termasuk salah satu masalah kesehatan yang perlu diwaspadai karena pernah mewabah di Indonesia, Singapura, Brunei, Malaysia, Vietnam, beberapa negara di AS, Eropa, dan Australia.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali penyebab flu singapura dan cara penularannya.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, penyebab flu singapura biasanya berasal dari infeksi virus enterovirus; termasuk coxsackievirus A16, EV 71, dan echovirus.

Di beberapa kasus, flu singapura yang disebabkan coxsackievirus A16 bisa memicu komplikasi meningitis atau peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang, sampai radang ensefalitis atau radang otak.

Sedangkan flu singapura yang disebabkan EV 71 terkadang bisa menyebabkan komplikasi gangguan saraf, meningitis, dan ensefalitis.

Baca juga: 4 Gejala Flu Singapura yang Perlu Diwaspadai

Penderita flu singapura bisa menularkan penyakitnya selama minggu pertama ketika sakit.

Virus penyebab flu singapura bisa bersarang di cairan luka lepuh, kotoran, ingus, dahak, dan air liur.


https://health.kompas.com/read/2022/05/20/080100568/penyebab-flu-singapura-dan-penularannya
 

Sumber: https://health.kompas.com/read/2022/05/20/080100568/penyebab-flu-singapura-dan-penularannya
Tokoh

Graph