Komnas HAM Sebut Kasus Paniai Bisa Jadi Pembuka Tragedi Trisakti

  • 20 Mei 2022 13:53:03
  • Views: 6

Jumat, 20 Mei 2022 - 12:11 WIB

VIVA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berharap para tokoh dan aktivis HAM di Indonesia, terutama di Tanah Papua, untuk fokus dan mengawal proses hukum kasus dugaan pelanggaran HAM di Paniai.

Supaya proses hukumnya itu benar-benar adil, terutama bagi korban dan keluarga korban, kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik saat dihubungi di Jakarta, Jumat, 20 Mei 2022.

Saat ini, katanya, terduga pelaku pelanggaran HAM di Paniai baru seorang perwira penghubung. Namun, terduga pelaku itu bukan pelaku utama.

Lokasi

Lokasi pembakaran yang dilakukan oleh KKB/KST di Kabupaten Paniai.

Hal itu belum sesuai dengan rekomendasi Komnas HAM, namun Taufan berharap Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin dapat memenuhi rekomendasi tersebut.

Kemudian, lanjutnya, bagi para aktivis HAM, mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat, dan berbagai pihak lain dapat turut mengawasi serta memberikan dorongan agar penegakan hukum terhadap kasus dugaan pelanggaran HAM di Paniai berlaku adil.

Menurut dia, apabila terduga pelaku yang direkomendasikan Komnas HAM tersebut dihukum, maka hal itu membuka jalan penyelesaian bagi kasus-kasus pelanggaran HAM berat lain. Saya kira kasus lain akan menyusul, misalnya Trisakti, Semanggi, dan lain-lain, katanya.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1476832-komnas-ham-sebut-kasus-paniai-bisa-jadi-pembuka-tragedi-trisakti?terbaru=5

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1476832-komnas-ham-sebut-kasus-paniai-bisa-jadi-pembuka-tragedi-trisakti?terbaru=5
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ahmad Taufan Damanik, Sanitiar Burhanuddin,
ministries Jaksa Agung,
organizations FPI,
ngos Komnas HAM,
topics Pelanggaran HAM,
products KKB,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, PAPUA,
cases HAM, penembakan,