Sri Mulyani Klaim Pemulihan Ekonomi Indonesia Menguat, Ini Buktinya 

  • 20 Mei 2022 13:08:19
  • Views: 6

IDXChannel - Dalam rapat paripurna DPR RI hari ini(20/5), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan bahwa pemulihan ekonomi menunjukkan tren menguat. Setelah mampu menjaga pertumbuhan positif 3,7% di tahun 2021, meski dihantam gelombang COVID-19 varian Delta, pemulihan ekonomi berlanjut di triwulan I 2022, dengan pertumbuhan mencapai 5,01%. 

Melonjaknya varian Omicron tidak terlalu berdampak pada proses pemulihan ekonomi nasional, ini hasil nyata dari akselerasi vaksinasi dan kekebalan alami yang tumbuh di masyarakat, ujar Sri.

Dia menyampaikan, konsumsi dan investasi terus menunjukkan tren peningkatan, disertai pemulihan yang kuat di hampir semua sektor ekonomi termasuk transportasi, akomodasi dan konstruksi, selain dua sektor utama yaitu manufaktur dan perdagangan. Indikator PMI Manufaktur Indonesia pada April 2022 masih terus ekspansif, pada level 51,9. 

Sementara itu, kenaikan harga komoditas global mampu mendorong peningkatan surplus neraca perdagangan Indonesia. Secara kumulatif pada triwulan I 2022, neraca perdagangan tercatat surplus USD9,3 miliar. Pada April 2022, surplus neraca perdagangan Indonesia mencapai USD7,6 miliar, rekor tertinggi surplus bulanan dalam sejarah, ungkap Sri.

Selain itu, neraca transaksi berjalan tahun 2022 diperkirakan akan lebih baik dibandingkan tahun 2021. Peningkatan kualitas pemulihan ekonomi juga terlihat dengan membaiknya kondisi ketenagakerjaan serta tingkat kemiskinan. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) turun mendekati level pra-pandemi, menjadi 5,83% pada Februari 2022 dari 6,26% pada Februari 2021. 

Sementara, angka kemiskinan nasional juga konsisten menurun, dari sebelumnya 10,1% di tahun 2020, kembali menjadi single digit 9,7% di tahun 2021, pungkas Sri. 

(NDA) 


https://www.idxchannel.com/economics/sri-mulyani-klaim-pemulihan-ekonomi-indonesia-menguat-ini-buktinya

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/sri-mulyani-klaim-pemulihan-ekonomi-indonesia-menguat-ini-buktinya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sri Mulyani Indrawati,
ministries DPR RI, Kemenkeu,
ngos PMI,
topics neraca perdagangan, Omicron, Pemulihan Ekonomi Nasional,
events vaksinasi,
nations Indonesia,
cases covid-19, pengangguran,
musicclubs APRIL,