Hasto PDIP Ingatkan Menteri Jangan Cuma Pencitraan dan Gerak untuk Capres 2024

  • 20 Mei 2022 13:03:56
  • Views: 45

TEMPO.CO, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengingatkan jajaran menteri kabinet fokus pada kerja untuk rakyat ketimbang kepentingan politik elektoral menjelang Pemilihan Presiden 2024.

Menteri punya tanggung jawab moral sebagai pembantu presiden, harus kerja untuk rakyat. Bukan pencitraan yang dikedepankan, bukan gerak untuk capres yang dikedepankan, ujar Hasto di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat, 20 Mei 2022.

Hasto menilai, tak masalah bahwa menteri punya cita-cita menjadi presiden. Tapi cita-cita itu tidak boleh mengalahkan skala prioritas utama bagi kerja untuk rakyat, ujar dia. Seluruh menteri punya tanggung jawab moral sebagai pembantu presiden, tanggung jawab untuk rakyat. 

Ia mengingatkan, Presiden Jokowi sudah meminta seluruh menteri konsentrasi pada tugasnya dan mencetak prestasi. Kalau mencetak prestasi, maka otomatis akan membangun legitimasi kepemimpinan menteri itu. Seharusnya para menteri memahami hukum demokrasi tersebut, ujar dia.

Belakangan, PDIP gencar mengkritik para menteri yang mulai bermanuver menjelang Pilpres 2024. Politikus PDIP Masinton Pasaribu bahkan blak-blakan mengkritik Menteri BUMN Erick Thohir yang wajahnya mejeng dimana-mana, salah satunya di mesin ATM Bank BUMN.

Ada yang memanfaatkan BUMN seperti partai politik hari ini, di mana-mana fotonya mejeng, bahkan sampai ke ATM, narsis. Sudah seperti partai BUMN, di mana-mana terpajang foto menteri BUMN. Enggak usah dikamuflase lagi, goal-nya jelas, menggalang dukungan untuk calon presiden dan wakil presiden, kata Masinton dalam sebuah diskusi daring, Sabtu, 14 Mei 2022.

Masinton mengingatkan, pejabat tidak boleh mempromosikan diri untuk kepentingan politik dengan nebeng fasilitas negara.

Kalau lu masyarakat sipil, ingin mencalonkan diri, harus masuk partai politik dong. Jangan merasa, populer, apalagi nebeng fasilitas negara, punya uang, terus lu bisa dikte semua, enggak boleh, tuturnya.

Sebelumnya, Erick pernah membantah bahwa foto dirinya yang muncul di ATM bank BUMN karena ingin menjadi capres pada 2024. Ia mengklaim, pemanfaatan aset BUMN itu dilakukan sebagai langkah menyosialisasikan nilai BUMN, yaitu AKHLAK yang merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Di aset BUMN kita bicara mengenai kampanye AKHLAK, bukan pilih Erick Thohir atau misalnya saya membicarakan propaganda keberhasilan saya. Enggak. Itu AKHLAK. Itu konteksnya hari itu, ujar Erick dalam acara Kick Andy Show, November lalu.

Erick berdalih, banyak menteri yang juga memasang baliho dengan wajah mereka di depan kantornya. Apa berarti dia menggunakan fasilitas publik untuk mempromosikan dirinya? Untuk sesuatu? Kan enggak. Jadi kalau konteksnya itu, saya rasa wajar-wajar saja, semua kementerian melakukan itu juga, tuturnya.

Baca juga: KSP Ingatkan Menteri yang Diduga Kejar Popularitas Pilpres Kembali Bantu Jokowi

DEWI NURITA


https://nasional.tempo.co/read/1593403/hasto-pdip-ingatkan-menteri-jangan-cuma-pencitraan-dan-gerak-untuk-capres-2024

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1593403/hasto-pdip-ingatkan-menteri-jangan-cuma-pencitraan-dan-gerak-untuk-capres-2024
Tokoh









Graph

Extracted

persons Erick Thohir, Hasto Kristiyanto, joko widodo, Masinton Pasaribu,
companies ADA,
parties PDIP,
topics Capres 2024, Pilpres 2024,
places DKI Jakarta,