Sri Mulyani: Perang Rusia - Ukraina Bikin Harga Komoditas Global Naik Ekstrem

  • 20 Mei 2022 12:58:46
  • Views: 10

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan Perang Rusia – Ukraina telah menyebabkan disrupsi sisi produksi atau supply yang sangat besar. Hal ini kemudian mendorong kenaikan ekstrem harga komoditas global.

Harga minyak mentah terus-menerus berada pada kisaran USD 100 per barel. Sejak awal tahun (year to date), harga gas alam naik 127,0 persen, batu bara naik 137,3 persen, CPO naik 26,1 persen, gandum naik 56,5 persen dan jagung naik 34,3 persen, kata Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI dengan agenda Penyampaian Pemerintah terhadap KEM dan PPKF RAPBN Tahun Anggaran 2023, Jum'at (20/5/2022).

Jika dirata-rata, indeks harga pangan dunia telah mengalami kenaikan 145,0 persen dibanding situasi awal 2020.

Di sisi lain, proses pemulihan ekonomi nasional yang menguat tentu patut disyukuri, namun ini tidak menyebabkan pemerintah cepat berpuas diri. Tantangan dan risiko baru telah muncul dari faktor global baik dari sisi geopolitik, ekonomi dan keuangan yang sangat kompleks dan dinamis harus segera kita antisipasi dan kelola.

Dalam World Economic Outlook April, IMF memproyeksikan melambatnya pertumbuhan ekonomi global di 2022 pada level 3,6 persen, turun signifikan 0,8 poin persentase dari proyeksi di Januari 2022.

Selain pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya selesai, ada dua tantangan besar lain yang perlu terus diwaspadai dan antisipasi, yaitu: lonjakan inflasi global, terutama akibat perang Rusia – Ukraina, dan percepatan pengetatan kebijakan moneter global, khususnya di Amerika Serikat (AS).

Tingkat inflasi di Amerika Serikat yang sangat tinggi yaitu 8,4 persen yang tertinggi dalam 40 tahun terakhir menjadi ancaman nyata bagi pemulihan ekonomi Amerika Serikat dan bahkan ancaman dunia. Bank Sentral Amerika Serikat - The Fed, akan melakukan percepatan pengetatan moneter.

Saat ini, kenaikan suku bunga acuan diperkirakan dapat terjadi hingga 7 kali di tahun 2022 dan berpotensi diikuti dengan kontraksi balance sheet yang menyebabkan lebih ketatnya kondisi likuiditas global, ujarnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Keluarga penuhi pemakanan pasangan mereka yang menjadi relawan tentara pada perang Rusia-Ukraina.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967018/sri-mulyani-perang-rusia-ukraina-bikin-harga-komoditas-global-naik-ekstrem

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4967018/sri-mulyani-perang-rusia-ukraina-bikin-harga-komoditas-global-naik-ekstrem
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sri Mulyani Indrawati,
companies ADA, WhatsApp,
ministries DPR RI, Kemenkeu,
topics Pemulihan Ekonomi Nasional,
products Batu Bara, CPO,
nations Amerika Serikat, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,
musicclubs APRIL,