Kasus Pelanggaran HAM Paniai Naik Penyidikan, Komnas HAM: Kemajuan Besar

  • 20 Mei 2022 12:09:38
  • Views: 9

Jakarta: Kasus dugaan pelanggaran berat hak asasi manusia (HAM) di Paniai, Papua, telah naik dari tahap penyelidikan ke penyidikan. Komisi Nasional (Komnas) HAM menilai naiknya status itu merupakan kemajuan besar setelah sekian tahun stagnan.
 
Naiknya status kasus Paniai ke tahap penyidikan merupakan  kemajuan besar dalam pemajuan HAM di Tanah Air. Artinya, kekhawatiran terhadap impunitas tidak bisa dilawan atai diatasi dengan naiknya status kasus Paniai ke penyidikan, ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Jakarta, Jumat, 20 Mei 2022.
 
Taufan mengakui ada beberapa aktivis HAM, terutama dari Papua mengaku belum puas dengan proses penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat di Paniai. Pasalnya, kasus itu belum menyeret terduga pelaku utama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aktivis dan tokoh-tokoh di Papua bicara ke saya bahwa mereka kecewa dengan hasil yang terakhir ini, ucap dia. 
 
Baca: Moeldoko Pastikan Pengusutan Pelanggaran HAM Masa Lalu Jadi Prioritas
 
Komnas HAM menerangkan keberhasilan naiknya status ke tahap penyidikan bukan karena revisi undang-undang. Melainkan upaya meyakinkan Presiden Joko Widodo untuk menangani kasus dugaan pelanggaran HAM berat itu.
 
Saya bukan mau mengatakan periode saya sukses besar, kalau mau dikatakan begitu, benar juga. Karena periode sebelumnya tidak ada yang naik, kata dia. 
 
Taufan menyadari kunci utama penyelesaian kasus dugaan pelanggaran HAM berat di masa lalu ada di tangan Presiden Joko Widodo. Jika presiden memerintahkan jaksa agung, maka kebijakan baru akan keluar hingga terbentuk tim penyidik untuk penanganan kasus dugaan pelanggaran HAM.
 

(LDS)


https://www.medcom.id/nasional/hukum/0k8X2OWk-kasus-pelanggaran-ham-paniai-naik-penyidikan-komnas-ham-kemajuan-besar

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/hukum/0k8X2OWk-kasus-pelanggaran-ham-paniai-naik-penyidikan-komnas-ham-kemajuan-besar
Tokoh







Graph

Extracted

persons Ahmad Taufan Damanik, joko widodo, Moeldoko,
companies ADA,
ministries Jaksa Agung,
ngos Komnas HAM,
topics Pelanggaran HAM,
places DKI Jakarta, PAPUA,
cases HAM,