Didenda Rp10 T dalam Kasus Korupsi Jiwasraya, Berikut Aset Heru Hidayat yang Disita

  • 20 Mei 2022 11:09:11
  • Views: 5

IDXChannel - Direktorat Upaya Hukum Eksekusi dan Eksaminasi (Uheksi) pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) telah melakukan sita eksekusi terhadap sejumlah aset milik terpidana Heru Hidayat dalam perkara tindak pidana korupsi di PT Asuransi Jiwasraya

Direktur Uheksi pada Jampidsus Kejaksaan Agung (Kejagung), Sarjono Turin mengatakan bahwa pihaknya bersama jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) melakukan sita eksekusi aset areal tambang, gedung perkantoran, jalan Hauling hingga kapal tongkang, yang berada di Kabupaten Kutai Barat, Propinsi Kalimantan Timur (Kaltim). 

Sejumlah aset yang dilakukan sita eksekusi itu milik terpidana Heru Hidayat dalam rangka untuk memenuhi kewajiban uang pengganti sebesar Rp 10 triliun. 

Aset yang berhasil disita berupa areal pertambangan seluas 1.500 hektar, kemudian jalan hauling sepanjang 60 Km kurang lebih, kemudian areal perkantoran PT GBU, kata Sarjono Turin dalam keterangannya, Jumat (20/5/2022). 

Sarjono menjelaskan, tim jaksa Direktorat Uheksi melakukan sita eksekusi aset berupa Jetty yang merupakan pelabuhan khusus untuk pemuatan batubara ke Tongkang, dan 3 unit mesin genset, serta lain-lain yang mempunyai nilai ekonomis.  

Tak berhenti sampai disitu, tim Jampidsus Kejagung masih menelusuri seluruh aset di daerah milik terpidana bos PT GBU, Heru Hidayat untuk pembayaran uang pengganti sebesar Rp 10 triliun. 

Kami telusuri di daerah semua. Kami sifatnya pengendalian untuk wilayah dalam melaksanakan eksekusi uang pengganti para terpidana, tuturnya. 

Sementara untuk nilai aset yang berhasil di eksekusi, masih dilakukan penghitungan oleh tim penilai independen dan tim Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejagung. 

Nilainya lagi dalam penghitungan oleh tim dari Direktorat Uheksi dan Kejari Jakarta Pusat, PPA, serta tim Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP), jelasnya. 

Lebih lanjut dia juga mendukung dan mengendalikan untuk Kejari melakukan kegiatan penelusuran aset untuk disita eksekusi atas perkara yang sudah inkracht atau putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.  


https://www.idxchannel.com/economics/didenda-rp10-t-dalam-kasus-korupsi-jiwasraya-berikut-aset-heru-hidayat-yang-disita

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/didenda-rp10-t-dalam-kasus-korupsi-jiwasraya-berikut-aset-heru-hidayat-yang-disita
Tokoh





Graph

Extracted

persons Heru Hidayat, Sarjono,
companies MNC,
ministries Jaksa Agung, Kejagung, Kejaksaan, Kejaksaan Agung,
bumns PT Asuransi Jiwasraya,
topics BOS,
products batubara,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN TIMUR,
cases korupsi, korupsi jiwasraya,