Kebijakan Lepas Masker Ditetapkan, Ini Pendapat IDI

  • 20 Mei 2022 11:04:02
  • Views: 5

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo pada 17 Mei 2022 mengumumkan pelonggaran pakai masker di luar ruangan karena pandemi COVID-19 terkendali. Pelonggaran aturan memakai masker hanya berlaku untuk luar ruangan, tidak untuk ruangan tertutup dan transportasi umum. Satgas Penanganan COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menilai kebijakan pemerintah tentang lepas masker sudah tepat mengingat risiko penularan COVID-19 di Tanah Air saat ini rendah.

Setuju, karena memang risiko penularan COVID-19 sekarang di Indonesia rendah sekali, kata Ketua Satgas Penanganan COVID-19 IDI Prof. Zubairi Djoerban.

Rendahnya risiko penularan COVID-19 di Indonesia terlihat dari menurunnya kasus baru COVID-19. Positivity rate berada di bawah 3 persen, serta kasus aktif terus berkurang. Selain itu, sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 saat ini sudah jarang merawat pasien COVID-19.

Rumah sakit rumah sakit rujukan COVID-19 sekarang sepi banget, banyak yang kosong, tidak ada pasien COVID-19 yang dirawat, ujarnya.

Selain itu, persentase warga yang sudah divaksin juga telah mencapai lebih dari 70 persen dari total target sasaran. Untuk usia lanjut, (vaksinasi) masih harus ditambah. Untuk booster masih diperlukan tapi keseluruhannya kita sudah mencapai target, kata Zubairi.

Namun demikian, pihaknya mengingatkan masyarakat tidak bebas melepas masker dalam setiap kondisi. Masker hanya boleh dilepas bila berada di tempat terbuka yang tidak terdapat kerumunan.

Kalau banyak kerumunan, harus tetap pakai masker, katanya.

Bagi kelompok rentan, seperti lansia atau pemilik komorbid, pemerintah meminta tetap menggunakan masker. Pelonggaran juga berlaku untuk pelaku perjalanan dalam dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis lengkap, tidak perlu melakukan tes usap, baik PCR maupun antigen. Kewajiban memakai masker juga berlaku untuk orang-orang yang sakit seperti batuk.

Baca juga: Kebijakan Lepas Masker di Ruang Terbuka, Ini Saran Epidemiolog


https://gaya.tempo.co/read/1593364/kebijakan-lepas-masker-ditetapkan-ini-pendapat-idi

Sumber: https://gaya.tempo.co/read/1593364/kebijakan-lepas-masker-ditetapkan-ini-pendapat-idi
Tokoh







Graph

Extracted

persons Budi Gunadi Sadikin, joko widodo, Zubairi Djoerban,
companies ADA,
ministries IDI,
events vaksinasi,
products masker, PCR,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Kramat,
cases covid-19,