Pemerintah Akan Terapkan Indikator Tooklit Literasi Digital di Indonesia

  • 20 Mei 2022 10:59:56
  • Views: 8

Cyberthreat.id – Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia, Dedy Permadi, mengungkapkan bahwa pemerintah akan menerapkan perangkat indikator toolkit untuk mengukur keterampilan dan literasi digital.

“Tahun ini, 2022, Indonesia mengembangkan Indeks Masyarakat Digital atau Digital Society Index, berdasarkan perangkat keterampilan dan literasi digital ini, ujar Dedy dalam keterangan pers yang diterima, Jumat (20 April 2022).

Dedy mengatakan survei pengukuran tersebut akan dilakukan di 514 kabupaten dan kota di seluruh provinsi di Indonesia. Dengan tujuan untuk memiliki indeks keterampilan dan literasi digital di tingkat kabupaten dan kota, sehingga dapat digunakan sebagai pedoman bagi pengambil kebijakan dalam mengembangkan sumber daya manusia di tingkat daerah.

“Memiliki informasi terkini dan berkualitas tinggi sangat penting untuk memandu respons kebijakan yang tepat, ujar Dedy.

Dengan adanya indeks tersebut, kebijakan dan strategi digitalisasi akan lebih baik jika didukung dengan data yang akurat. Hal ini diyakini membantu semua pemangku kepentingan mengambil keputusan untuk menangani kesenjangan digital dan bagaimana mengoptimalkan manfaat digitalisasi untuk setiap negara.

“Dengan mengetahui berapa banyak orang yang terhubung, bagaimana mereka terhubung, teknologi apa yang bermanfaat untuk menghasilkan pendapatan dan memberdayakan masyarakat, sebut dia.

Ia meyakini, perangkat yang didiskusikan memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Meskipun demikian, masih perlu ada pembahasan dan pengujian agar sesuai diterapkan di masing-masing negara. Melalui diskusi dan penerapan toolkit, ia mengharapkan masing-masing negara anggota G20 akan dapat melihat implementasi perangkat yang relevan untuk mendukung transformasi digital inklusif.

“Beberapa kekhawatiran terkait dengan definisi luas dan sempit dari perangkat keterampilan digital, variabel aliran vs stok, dan daftar pekerjaan utama vs terperinci, perlu diuji lebih lanjut, kata dia.

Di kalangan negara anggota G20, kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan dan literasi digital tetap menjadi agenda utama. Oleh karena itu, Presidensi G20 Indonesia mengajukan perangkat untuk mengukur keterampilan dan literasi digital. Rumusan toolkit akan memperhatikan konteks sosial dan ekonomi setiap anggota G20 dan setiap negara dapat memodifikasi indikator berdasarkan prioritas masing-masing. 

Toolkit atau perangkat pengukuran yang diusulkan Indonesia terdiri dari empat pilar, yaitu 1) infrastruktur dan ekosistem: 2) literasi; 3) pemberdayaan; dan 4) pekerjaan yang dirinci menjadi 32 indikator. Pilar tersebut akan menjadi pengukuran standar keterampilan digital secara lebih komprehensif dan objektif.


https://cyberthreat.id/read/14050/Pemerintah-Akan-Terapkan-Indikator-Tooklit-Literasi-Digital-di-Indonesia

Sumber: https://cyberthreat.id/read/14050/Pemerintah-Akan-Terapkan-Indikator-Tooklit-Literasi-Digital-di-Indonesia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Dedy Permadi,
companies ADA,
topics Presidensi G20 Indonesia, transformasi digital,
nations Indonesia,
musicclubs APRIL,