Rupiah Perkasa Usai Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

  • 20 Mei 2022 10:59:04
  • Views: 8

Sebelumnya, Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve (The Fed) telah menaikan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 1 persen pada Mei 2022. Kenaikan tersebut dilakukan kala berbagai negara, termasuk Indonesia tengah menghadapi tekanan inflasi.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai, situasi ini mengancam nilai tukar atau kurs rupiah makin melemah ke posisi Rp 15.000 per dolar AS.

Dengan kondisi ekonomi global yang terus bermasalah dan inflasi yang tinggi membuat bank sentral global menaikan suku bunga, ini akan berpengaruh terhadap pelemahan mata uang rupiah. ada kemungkinan rupiah akan melemah di 15.000 per dolar AS, tuturnya dalam pernyataan tertulis, Selasa (17/5/2022).

Bank Indonesia (BI) juga telah memberi isyarat untuk segera menaikan suku bunga acuannya yang telah tertahan di level 3,5 persen selama 14 bulan beruntun.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2022 sebesar 5,01 persen year on year telah memberikan harapan lebih baik lagi dibanding tahun sebelumnya. Namun demikian, negara masih akan menghadapi tiga tantangan utama.

Pertama, normalisasi kebijakan moneter di negara maju. Kedua, masih terdapatnya dampak dari pandemi di sektor riil. Dan yang ketiga, berlanjutnya ketegangan politik antara Rusia dan Ukraina, ungkapnya beberapa waktu lalu.

Secara global, Destry melihat tekanan inflasi yang terus menguat. Sehingga ini harus diimbangi dengan normalisasi yang agresif yang dilakukan bank sentral dengan meningkatkan suku bunga kebijakannya. Tentunya juga dengan mengurangi likuiditas sistem keuangan, imbuhnya.

Namun, ia menilai, kebijakan itu pastinya memberikan ketidakpastian lebih lanjut, dengan semakin terbatasnya aliran modal ke emerging market, termasuk juga ke Indonesia.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4966895/rupiah-perkasa-usai-jokowi-cabut-larangan-ekspor-cpo

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4966895/rupiah-perkasa-usai-jokowi-cabut-larangan-ekspor-cpo
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ibrahim Assuaibi, joko widodo,
companies ADA,
ministries BI, BPS,
bumns Garuda Indonesia,
topics ekspor,
products CPO, dolar AS,
nations Amerika Serikat, Indonesia, Rusia, Ukraina,
places rupiah,