Makna Kenaikan Isa Almasih, Diperingati Setiap Hari Kamis Setelah Paskah

  • 20 Mei 2022 10:49:13
  • Views: 15

Suara.com - Setelah merayakan Hari Raya Paskah, umat Kristiani akan memperingati hari Kenaikan Isa Almasih. Momen istimewa ini biasanya akan diperingati dengan mengikuti ibadah di gereja dan mendengarkan kutbah. Sehingga makna kenaikan Isa Almasih sangat penting bagi umat Kristen dan Khatolik. 

Kenaikan Isa Almasih atau Yesus Kristus diperingati pada hari ke 40 setelah Hari Raya Paskah. Peringatan ini setiap tahun pasti jatuh pada hari Kamis. Hari Raya tersebut dijadikan sebagai hati libur Nasional di seluruh Indonesia. Lalu apa saja makna kenaikan Isa Almasih tersebut?

Simak ulasan mengenai makna kenaikan Isa Almasih yang menjadi momen spesial setiap tahun. 

Sejarah Kenaikan Isa Almasih 

Baca Juga: Ini Perbedaan Wafat dan Kenaikan Isa Almasih, Dua Peristiwa Penting Bagi Umat Nasrani

Sebelum mengetahui makna kenaikan Isa Almasih, ketahuui terlebih dahulu sejarah singkat berikut ini. 

Peristiwa, bangkitnya Yesus Kristus ini dijelaskan pada Alkitab, tepatnya dalam Injil Lukas. Akan tetapi, ada beberapa bagian dari peristiwa kenaikan Yesus Kristus setelah mengalami kematian dan kebangkitan di Alkitab yang ditus oleh Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes. 

Berdasarkan Perjanjian Baru dalam Alkitab, Yesus Kristus memiliki lima tonggak utama dalam hidupnya. Tonggak-tonggak ini antara lain yaitu pembaptisan, transfigurasi, penyaliban, kebangkitan dan kenaikan.  

Di dalam Alkitab, dijelaskan bahwa setelah Yesus Kristus mati di kayu Salib oleh bangsa Romawi, Yesus dimakamkan di sebuah makam baru. Kemudian pada hari ke tiga, pemakamannya kosong karena Yesus ternyata sudah dibangkitkan lagi. Tuhan Yesus menunjukkan dirinya yang telah bangkit kepada Maria serta murid-murid-Nya. 

Pada hari ke 40 setelah kebagkitanNya, Yesus Kristus dan murid-muridnya ke bukit Zaitun. Di sana Yesus berbicara mengenai ajaran-ajaran Allah sebelum akhirnya Dia diangkat ke surga. Di tempat tersebut, Yesus juga berjanji dihadapan murid-murid-Nya bahwa ia akan kembali lagi untuk kedua kalinya. 

Baca Juga: 10 Link Twibbon Isa Almasih 2022 Terbaru, Siap Dibagikan ke Media Sosialmu!

Setelah peristiwa pengangkatan Yesus Kristus, seluruh murid-Nya bersud dan menyembah-Nya. Mereka kemudian pulang dengan penuh sukacita. Peristiwa tersebut dijelaskan dalam Lukas 24: 50-52 yang berbunyi: 


https://www.suara.com/news/2022/05/20/102034/makna-kenaikan-isa-almasih-diperingati-setiap-hari-kamis-setelah-paskah

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/05/20/102034/makna-kenaikan-isa-almasih-diperingati-setiap-hari-kamis-setelah-paskah
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
religions Kristen,
nations Indonesia,