Menag Yaqut Pastikan Makanan Jamaah Haji Bercita Rasa Nusantara

  • 20 Mei 2022 10:08:14
  • Views: 16

IDXChannel - Menu makanan bagi jamaah haji Indonesia di Arab Saudi akan bercita rasa nusantara.

Hal ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat meninjau kesiapan layanan katering bagi jamaah haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi pada Kamis waktu setempat 

Menag mendatangi Dapur Al Jauhara di wilayah Makkah. Gus Menteri, panggilan akrabnya, fokus memastikan kapasitas dapur, sanitasi, sarana memasak yang digunakan, serta proses penyimpanan bahan makanan. 

“Saya menekankan kepada penyedia layanan katering agar menu dan cita rasa makanan jemaah Indonesia memiliki cita rasa nusantara, kata Menag dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Selain rasa, Menag juga meminta pihak katering agar distribusi konsumsi tepat waktu. Pihak katering juga harus memastikan distribusi makanan tepat waktu, tidak terlambat, katanya 

Sedakar informasi, jamaah haji Indonesia tahun 2022 akan mendapatkan layanan konsumsi atau makan sebanyak 119 kali selama di Arab Saudi.

Hal ini terungkap dalam data Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama. Layanan makan ini akan dibagi dalam 4 tahap, mulai dari Madinah, Makkah, Bandara Jeddah hingga Armina. Untuk layanan makan di Madinah sebanyak 27 kali makan dengan makan 3 kali sehari.

Layanan makan di Makkah sebanyak 75 kali  dengan rincian 10 kali makan siap saji pada 5-6-7 Dzulhijjah (3 hari sebelum Arafah) dan 14-15 Dzulhijjah (2 hari setelah Mina). Sementara layanan konsumsi atau katering di Bandara Jeddah hanya 1 kali diberikan saat kedatangan/kepulangan jamaah haji.

Untuk layanan katering di Armina sebanyak 16 kali makan dengan rincian 4 kali makan siap saji (11 kali reguler dan 1 paket di Muzdalifah).

Layanan makan ini berupa makan reguler yakni makanan yang disiapkan dari bahan baku segar, dimasak, dikemas dan disajikan menggunakan box. Makanan siap saji yakni makanan kemasan pabrik yang siap dikonsumsi.

Paket makanan yakni snack berat untuk konsumsi di Muzdalifah yang dibagikan di Arafah menjelang keberangkatan ke Muzdalifah.

(NDA)


https://www.idxchannel.com/syariah/menag-yaqut-pastikan-makanan-jamaah-haji-bercita-rasa-nusantara

Sumber: https://www.idxchannel.com/syariah/menag-yaqut-pastikan-makanan-jamaah-haji-bercita-rasa-nusantara
Tokoh







Graph

Extracted

persons Fachrul Razi, Muzdalifah, Yaqut Cholil Qoumas,
ministries Kemenag,
topics haji, Penyelenggaraan Haji,
products Syariah,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Jeddah, Madinah,