Indonesia Usulkan Perangkat Ukur Keterampilan Digital dalam Forum DEWG 2022

  • 20 Mei 2022 10:05:10
  • Views: 9

TEMPO.CO, Jakarta - Presidensi G20 Indonesia mengusulkan penyusunan toolkit atau perangkat untuk mengukur keterampilan dan literasi digital dalam Forum Digital Economy Working Group (DEWG) tahun 2022.

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo, Hary Budiarto, keberadaan toolkit ini sejalan dengan tema DEWG untuk mencapai pemulihan yang tangguh. 

“Tujuan toolkit ini sesuai dengan tema bekerja sama untuk transformasi digital yang lebih inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan, kata Hary saat memberikan pengantar dalam Lokakarya Perangkat untuk Mengukur Keterampilan Digital dan Literasi Digital di Yogyakarta, Kamis, 19 Mei 2022.

Menurut Hary, di era digitalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, keterampilan dan literasi digital menjadi elemen kunci agar bisa mengoptimalkan manfaat ekonomi digital bagi semua. Oleh karena itu, pengukuran dalam bentuk indikator diperlukan setiap negara. Pengukuran memberikan seperangkat indikator untuk mengevaluasi, dan melacak keterampilan digital dan tingkat literasi negara.

Ia mendorong delegasi dan undangan untuk mendiskusikan pengembangan perangkat pengukuran yang bermanfaat bagi setiap negara anggota G20. Tak lupa, ia mengharapkan masukan untuk menyempurnakan perangkat pengukuran yang memungkinkan setiap negara anggota G20 dapat saling belajar.

Beberapa negara, organisasi internasional, dan lembaga penelitian sudah mulai mengembangkan indikator untuk mengukur keterampilan digital dan literasi digital. Keterampilan dan literasi digital menjadi salah satu isu prioritas dalam DEWG G20. Presidensi Indonesia mendorong pembahasan agar dapat dirumuskan penilaian yang komprehensif untuk meningkatkan produktivitas dan inklusivitas ekonomi digital. 

Baca:
Susun Bali Package, DEWG Presidensi G20 Bahas Lima Isu Konektivitas Digital

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


https://tekno.tempo.co/read/1593336/indonesia-usulkan-perangkat-ukur-keterampilan-digital-dalam-forum-dewg-2022

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1593336/indonesia-usulkan-perangkat-ukur-keterampilan-digital-dalam-forum-dewg-2022
Tokoh

Graph

Extracted

companies Telegram,
topics Presidensi G20 Indonesia, transformasi digital,
nations Indonesia,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta,
cities Yogyakarta,