Soal Koalisi Indonesia Bersatu, Hasto PDIP: Pilpres 2024 Masih Jauh

  • 20 Mei 2022 10:04:05
  • Views: 12

TEMPO.CO, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto merespons kehadiran Koalisi Indonesia Bersatu--nama koalisi bentukan Partai Golkar, PPP, dan PAN.

Menurut Hasto, koalisi tersebut terlalu dini dibentuk, sementara Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 masih jauh.

Jangan membawa kontestasi terlalu awal, yang kemudian membuang energi kita, ujar Hasto di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat, 20 Mei 2022.

Hasto menilai, saat ini sebaiknya energi difokuskan pada perbaikan dan kemajuan bangsa dan negara pasca pandemi. Terlebih, ujar dia, ada persoalan global terkait perang Rusia-Ukraina.

PDIP juga mengaku tidak takut ketinggalan kereta didahului partai-partai lain yang sudah mulai bergerak untuk Pemilu 2024.

Kan pemilu itu ada tahapannya, ada skala prioritas, kita membagi energi yang terbatas itu fokusnya untuk rakyat saat ini. Sehingga ada waktunya dalam membangun kerjasama parpol, tuturnya.

Pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu diumumkan usai pertemuan tiga ketua umum partai di Rumah Heritage Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022.

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menyebut bahwa Koalisi Indonesia Bersatu dibentuk dengan komitmen bersama membangun sebuah budaya budaya politik baru, dimana kerjasama partai-partai politik dibangun jauh-jauh hari sebelum Pemilu 2024. Tujuannya, agar melahirkan sebuah gagasan dan konsep yang jelas untuk mengawal pemerintahan baru pada 2024.

Sehingga dalam kontestasi Pemilu 2024, kita terjebak lagi di dalam politik identitas yang melahirkan polarisasi dan pembelahan masyarakat. Kita ingin tarung konsep, tarung gagasan, ujar Eddy, Kamis,12 Mei 2022.

Koalisi ini masih membuka diri bagi partai-partai lain yang ingin bergabung. Kami masih sangat terbuka untuk bekerjasama dengan partai politik lainnya, karena yang menyatukan kami adalah kesepakatan gagasan dan ide untuk membangun Indonesia, ujar Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily.

Baca juga: PPP: Koalisi Indonesia Bersatu Tanpa Syarat Dukung Capres dari Partai Koalisi

DEWI NURITA


https://nasional.tempo.co/read/1593343/soal-koalisi-indonesia-bersatu-hasto-pdip-pilpres-2024-masih-jauh

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1593343/soal-koalisi-indonesia-bersatu-hasto-pdip-pilpres-2024-masih-jauh
Tokoh







Graph

Extracted

persons Eddy Soeparno, Hasto Kristiyanto, Tubagus Ace Hasan Syadzily,
companies ADA,
parties Golkar, PAN, PDIP, PPP,
topics Pemilu 2024, Pilpres 2024,
nations Indonesia, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,